Bebas Mampet Ini Tips Menjaga Saluran Air Selalu Lancar

Saluran air sering juga disebut dengan saluran pembuangan, saluran pembuangan memiliki peran penting dalam aspek kebersihan rumah yaitu untuk membuang air yang kotor keluar rumah. Dibagian rumah terdapat dua bagian saluran air. Yang pertama adalah saluran untuk limbah WC atau closet dan yang kedua merupakan saluran untuk pembuangan limbah cair, seperti air bekas cuci dan mandi.

Saluran air yang mengalamai masalah sumbatan  menjadi sumber masalah kebersihan. Jika masalah saluran air mampet ini tidak sesegera mungkin diatasi maka akan timbul bau yang tak sedap muncul dari kamar mandi dan juga bak cuci didapur akan dipenuhi air buangan yang menggenang. Genangan air yang muncul akibat saluran air mampet mengandung bakteri dan kuman yang berbahaya yang dapat mengancam kesehatan anggota keluarga.

Untu menghidari hal – hal merugikan yang disebabkan oleh saluran air mampet, Anda dapat mencoba beberapa tips dibawah ini.

Ketahui Penyebab Saluran Air Mampet

Tips menjaga saluran air selalu lancar yang pertama adalah mengetahui penyebab saluran air mampet terhambatnya laju air di saluran buangan biasanya disebabkan oleh helaian rambut rontok, ampas sabun, dan sampo yang menumpuk pada bagian dalam pipa. Benda-benda yang sulit terurai, seperti tisu dan sisa pembalut sering kali tercecer dan terbuang ke dalam kloset, bathtub sehingga menyebabkan saluran air kotor menuju septic tank ikut tersumbat.

Sedangkan pada bak cuci piring, sisa makanan dan minyak menjadi penyebab utama tersendatnya saluran air. Minyak yang menempel di bagian dalam pipa saluran air dapat mengeras sehingga menghambat aliran air.

Jangan Membuang Sampah Kedalam Saluran Air

mampetnya saluran air bisa dicegah dengan mudah salah satunya dengan tidak membuang sampah apapun ke dalam wastafel, closet, dan bak cuci piring. Sisa makan sebaiknya langsung di buang ke tempat sampah.

Sampah cair seperti minyak, mentega, dan santan bisa disaring terlebih dahulu sebelum dibuang ke saluran air atau membuangnya secara langsung ketika dimasukkan ke dalam wadah. Supaya tidak perlu repot-repot melakukan penyedotan saat saluran air mampet, berpikir ulanglah sebelum membuang sampah apapun ke dalam wastafel dan bak cuci.

Rutin Membersihkan Saluran Air

Menyangkutnya sisa makanan dan helaian rambut sering kali memang tidak dapat dihindari. Oleh karena itu, bersihkanlah lubang atau ujung pipa saluran air paling tidak seminggu sekali.

Gunakanlah cairan disinfektan untuk membasmi bakteri dan kuman penyakit yang bersarang di sana. Manfaat juga baking soda atau cuka untuk menghancurkan kotoran yang menggumpal di dalam saluran air. Kedua bahan masak tersebut bisa juga dimanfaatkan sebagai tips menjaga saluran air selalu lancar, lho!

Selain itu, memasang saringan (filter) pada bagian lubang saluran floor drain (drainase) juga dapat mencegah benda-beda berukuran besar masuk ke dalam saluran air.

Gunakan Pipa Saluran Air Yang Tepat

Tersumbatnya saluran air juga bisa disebabkan dari pipa saluran air yang digunakan. Pilihlah pipa berkualitas yang terbuat dari resin murni yang tampilan luarnya tidak mengilap. Jika pipa terlihat mengilap biasanya bahan dasarnya mengandung campuran aditif yang membuat pipa saluran air mudah pecah dan retak.

Perhatikan juga bagian dalam pipa. Untuk melancarkan aliran air buangan dan menghindari kotoran yang menempel, pilihlah pipa saluran air yang memiliki permukaan dalam yang halus dan licin. Diameter pipa juga sebaiknya tidak terlalu kecil karena akan lebih mudah tersumbat, idealnya pipa untuk saluran air yang lancar berdiameter 4 inci.

Pastikan Sistem Pemipaan Tidak Bermasalah

Sistem pemipaan atau juga bisa disebut pemasangan pipa sangat mempengaruhi kelancaran aliran pada saluran air, karena memang terjadinya kemampetan biasanya disebabkan oleh kotoran yang tersangkut di area kelokkan pipa saluran tidak bisa terbawa keluar lama kelamaan kotoran tersebut akan menumpuk dan mengakibatkan saluran air mampet atau tersumbat. untuk tips menjaga saluran air selalu lancar terapkan sistem pipa belok Y dengan kemiringan kurang dari 45 derajat.

Sistem pemipaan yang sering digunakan masyarakat untuk saluran air dirumahnya yaitu mengunakan sistem belok T dengan mengunakan sistem ini justru malah membuat saluran air sangat mudah tersumbat. dalam pemasangan pipa saluran air semakin miring maka akan semakin lancar alirannya.

Usahakan dalam pemasangan pipa saluran air jangan terlalu banyak memasang kelokan. Jika memungkinkan gunakan sistem pipa lurus dalam satu jalur jika tidak memungkinkan kami sarankan mengunakan sistem pipa belok Y seperti yang kami jelaskan diatas. Lakukan peremajaan pada pipa saluran air, pipa sebaiknya diganti sebelum umur 10 tahun pemakaian.

Cara Mengatasi Saluran Air Yang Tersumbat

Cara mengatasi saluran air yang tersumbat yang kami rekomendasikan adalah mengunakan bahan pembersih alami untuk mengatasinya. Seperti mengunakan soda kue, cuka dan bilas mengunakan air hangat.

Karena kebanyakan pipa saluran air tidak tahan dengan efek panas yang ditimbulkan cairan pelancar saluran mampet yang dijual dipasaran, atau mungkin mengunakan soda api bahan ini juga tidak kami rekomendasikan karena dapat membuat pipa saluran yang ada dirumah Anda rusak dan beresiko mengakibatkan kebocoran.

Dengan menerapkan tips menjaga saluran air selalu lancar diatas. Kami sangat berharap dapat membantu Anda dan aktivitas rumah tangga tidak lagi terganggu disebabkan saluran air mampet. Jangan lupa baca artikel seputar tips dan trik lainya !

Tak hanya artikel saja, kami juga dapat membantu Anda untuk ikut serta menjaga kebersihan rumah Anda, kami memberi banyak jasa yang dapat Anda manfaatkan diantaranya jika WC dirumah Anda penuh, sudah waktunya untuk dikuras gunakan jasa sedot WC dari kami. Atau masalah seputar saluran air mampet, tersumbat kami juga dapat membantu melancarkannya. Untuk kualitas pun tidak perlu diragukan karena kami selalu mengutamakan yang terbaik untuk Anda.

Tunggu apa lagi ? yuk, langsung saja hubungi kontak kami dan segera gunakan jasa kami.


1 Comment

Afif · March 7, 2021 at 6:10 pm

Saya coba min thks

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!