Cara Memasang Instalasi Air Bersih Di Rumah Dengan Pipa PVC

Di artikel kali ini akan membahas cara memasang instalasi air bersih dirumah. Salah satu bagian yang sangat penting yang melengkapi sebuah rumah adalah tersedianya air bersih. Air bersih adalah kebutuhan pokok setiap orang untuk mendapatkan air bersih, Anda bisa membuat sumur atau berlanganan air bersih dari PDAM.

Setelah memiliki sumber air bersih tentu Anda perlu untuk mengalirkan air dari sumber air ke keran – keran yang ada dibeberapa tempat rumah Anda. mungkin Anda memasang di dapur, di tempat cuci piring, dikamar mandi, di halaman rumah dan tempat – tempat lainnya yang membutuhkan suplai air bersih.

Untuk mendistribusikan air bersih ke tempat – tempat tersebut Anda memerlukan sebuah jaringan instalasi air yang efektif dan efisien. Perencanaan instalasi air bersih dapat dibuat dengan benar sesuai aturan teknis agar proses distribusi air untuk keperluan rumah nantinya dapat berjalan lancar. Berikut faktor penting dalam memasang instalasi air bersih :

  1. Sumber air

Pada bagian ini adalah memahami dari mana air bersih untuk keperluan rumah Anda nantinya akan disuplai. Pada umumnya, ketersediaan sumber air yang layak untuk kebutuhan rumah adalah jaringan pipa PAM dan air tanah.

Setelah Anda menentukan jenis sumber air yang sesuai, maka pemasangan pipa air dapat Anda rencanakan lebih matang. Sebagai contoh adalah: Jika menggunkan sumber air PAM, tentunya Anda akan diberikan jalur distribusi dari pipa yang sudah di sediakan oleh pengelola PAM dan Anda dilarang untuk memodifikasi ukuran pipa ataupun mengubahnya sendiri.

Penggunaan air tanah dalam pengertian membuat sumur sendiri dan memasang pompa air, akan memudahkan Anda memanajemen keperluan air Anda selama sumber air tersebut selalu tersedia dan tidak mengalami kekeringan.

  1. Model instalasi

Ada dua jenis model instalasi pipa air bersih yang bisa Anda aplikasikan dengan menyesuaikan kondisi lapangan serta ketersediaan dana anggaran.

  • Sistem tertutup

Instalasi pipa model ini disebut juga dengan istilah sambungan melingkar artinya seluruh ujung pipa tersambung tanpa memutus. Kelebihannnya adalah menjadikan tekanan air lebih kuat dan ketika ada kran air yang di buka secara bersamaan maka akan mendapatkan debit air yang sama.

  • Sistem terbuka

Dengan biaya lebih murah, instalasi pipa air jenis ini jika salah dalam perencanaannya maka akan timbul banyak masalah di kemudian hari seperti debit air yang tidak sama antara kran satu dengan lainnya, dan jika terjadi kerusakan pada titik tertentu pun akan membuat sebagian jalur distribusi mati total tanpa mendapat suplai air.

  1. Letak instalasi

Menurut prosedur teknis pemasangan instalasi saluran air bersih ada dua metode yang bisa dipilih, yaitu instalasi tertanam dan menempel. Untuk yang tertanam tentunya akan tampak lebih rapi karena berada di dalam tanah atau dinding, namun juga tetap menyulitkan jika nantinya ada perbaikan atau perawatan.

  1. Bahan material

Saat sekarang ini pemilihan material bahan instalasi saluran air sudah sangat beragam mulai dari yang berbahan logam (besi), PVC dan yang paling mahal adalah berbahan stainless steel yang terbilang sangat aman dari korosi. Masing-masing bahan tersebut juga memiliki kelebihan dan kekurangan dari segi teknis yang berbeda pula menyesuaikan dengan lokasi pekerjaan di lapangan atau menurut prosedur pendukung lainnya.

Contoh Memasang Instalasi Air Bersih Di Rumah

Nah, berikut contoh instalasi air untuk medistribusikan air dari sumur ke berbagai keran di rumah, instalasi air menggunakan pipa PVC ukuran 3/4 dm. Untuk alat dan bahan yang perlu dipersiapkan sebagai berikut :

Alat dan bahan :

  1. Gergaji besi
  2. Meteran
  3. Pipa PVC ukuran ¾
  4. Sambungan pipa ukuran ¾
  5. Kran ukuran ¾
  6. TBA
  7. Lem pralon
  8. Klem pipa ukuran 3/4

Langkah pengerjaan

  1. Buatlah gambar sederhana rancangan instalasi air rumah. Sebagai contoh, ini ada contoh sederhana gambar rancangan instalasi air di rumah. Ini hanya contoh ya, gambaran saja.
  2. Hitunglah kebutuhan pipa PVC dan jenis sambungan yang dibutuhkan. Dari gambar rancangan instalasi air yang ada diatas, maka kita dapati kebutuhan pipa PVC adalah sebagai berikut:
  • Pipa PVC 2m sebanyak 5 potong
  • Pipa PVC 5m sebanyak 1 potong
  • Pipa PVC 4m sebanyak 1 potong
  • Pipa PVC 3m sebanyak 1 potong
  • Pipa PVC 1,5m sebanyak 2 potong
  • Kran air sebanyak 5 buah
  • Sambungan knee sebanyak 6 buah
  • Sambungan tee sebanyak 4 buah
  • Sambungan sok drat dalam sebanyak 5 buah sesuai jumlah kran
  1. Potong pipa PVC ke dalam aneka ukuran yang dibutuhkan.
  2. Rakitlah tahap demi tahap semua pipa yang telah dipotong sesuai ukuran, sesuai rancangan pada gambar Anda tadi.
  3. Untuk menyambung pipa dengan sambungan pipa, caranya oleskan lem pipa pada ujung pipa yang akan dimasukkan pada sambungan, lalu masukkan dalam sambungan pipa. Demikian seterusnya untuk semua sambungan.
  4. Untuk sambungan kran air, gunakan sambungan sok drat dalam. Karena kran yang kita pakai dratnya ada di luar. Untuk menyambungkan kran dengan pipa sebaiknya jangan menggunakan lem, tetapi cukup di lilit menggunakan TBA pada dratnya, lalu baru dipasangi kran. Agar jika Anda membutuhkan penggantian kran di masa yang akan datang, Anda tinggal menggantinya saja tanpa harus memotong pipa.
Hal Yang Perlu Anda Perhatikan Untuk Menghindari Kebocoran
  1. Ukuran sambungan dengan ukuran pipa seringkali tidak persis sama dan pas 3/4 misalnya. Ada sambungan yang ketika di pasang pada pipa agak sedikit longgar, sehingga ketika dipasang mengakibatkan kebocoran. Untuk mengatasinya, coba Anda cari sambungan lain yang ukurannya lebih pas.
  2. Pakailah lem peralon sebelum menyambung. Rongga yang tersisa antara peralon dan sambungan bisa tertutup rapat dengan lem peralon, sehingga tidak bocor.
  3. Tunggu sampai lem sambungan peralon benar – benar kering sebelum digunakan.
  4. Pasang kran pada keluaran pertama tampungan air. Agar jika sewaktu – waktu butuh perbaikan, Anda bisa menutup saluran aliran air dari tampungan.

Demikianlah cara membuat dan memasang instalasi air bersih di rumah, mudah – mudahan membantu. Paling tidak Anda memiliki gambaran umumnya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!