Cara Membuat Resapan Septic Tank

Septic tank sendiri sangat di perlukan dalam menampung air limbah yang asalnya dari WC, bentuk bangunannya di sekat dengan dinding bata, bagian atas di beri pipa berbentuk T supaya udara atau oksigen bisa masuk ke septic tank. Tujuannnya supaya bakteri bisa subur, sehingga dapat memusnahkan kotoran maupun feses yang ada dalam penampungan tersebut, sehingga air yang di olah dalam septic tank utama bisa masuk dalam resapan septic tank. Cara membuat resapan septic tank sendiri pun mudah.

Aturan Dan Cara Membuat Resapan Septic Tank

Septic tank merupakan sebuah sistem sanitasi yang mudah di lakukan, dengan alat yang terdiri dengan pipa saluran yang terhubung langsung dari WC, bak penampungan untuk kotoran yang telah menggupal dengan bentuk cair, bak untuk penampungan, juga pipa saluran untuk air bersih serta saluran udara. Cara membuat resapan septic tank yang benar bisa membuat air limbah tinja mampu teralirkan dengan mudah menuju bak penampungan.

Cara membuat resapan septic tank

Cara membuat resapan septic tank

Membuat resapan septic tank ternyata mutlak di buat supaya sistem dalam pembuangan tinja tidak akan mencemari lingkungan sekitar, terkecuali Anda telah menggunakan tangki septic yang di lengkapi dengan teknologi modern tanpa adanya sistem resapan.

Nurhasanah Sucahyo, selaku senior Pusat Penelitian dan Pengembangan Permukiman atau Puslitbangkim, Badan Litbang Departemen PU menyatakan, sistem resapan merupakan galian maupun sumber dengan tidak ada lapisan yang kedap air, dengan fungsi menerima air limbah yang ada pada septic tank juga meresapkan dalam tanah. Berbentuk bidang resapan dengan empat persegi panjang, lebarnya minimal 0,5 m, kedalamannya 0,45 m, panjangnya sesuai jumlah KK serta daya serap tanahnya. Misalkan, jika septic tank punya kapasitas yang kecil 1-2 KK, dapat berupa sumur resapan menggunakan diameter paling kecil 80 cm dengan kedalamannya yang efektif 1,0 m.

Andaikan menggunakan sumur resapan, galian perlu di isi penuh memakai pasir juga kerikil yang diameternya 1,5 – 5 cm menggunakan tebal lapisannya 10 cm. Penggunan sistem resapan yang terbuka, Andaikan bentunya bidang resapan empat persegi panjang, dengan galian yang cukup diisi kerikil juga pasir dengan tebal lapisannya paling kecil 10 cm, sebab peresapan air pada septic tank menyebar. Bagian atasnya di tutupi dengan lapisan ijuk terlebih dahulu kemudian di timbun dengan tanah.

Sistem pada resapan biarkan saja terbuka tidak menggunakan bangunan, terpapar langsung sinar matahari supaya bakteri bisa mati dan dapat menguap cairan yang ada di tangki. Jaraknya sistem resapan pada tangki paling pendek 1,5 m supaya air resapan tidak sampai merusak bangunan di tangki. Maka, air sumur air bersihnya minimal 10 m, dengan posisi sitem pada resapan sedikit lebih rendah dari pada tangki. Air yang ada pada septic tank di alirkan menuju sistem resapan menggunakan pipa yang kedap air, antikorosi, juga tidak menggunakan sambungan, berhubungan langsung dengan pipa sambungan T di aliran keluar bagian septic tank. Pipanya menggunakan diameter minimal 4 inci Pipa PVC hingga 4,5 inci pipa keramik maupun beton. Letakkan pipa pada lapisan ijuk di sistem resapan sama dengan panjang juga lebar sumur resapan. Posisikan pipa sedikit miring 2 persen, bagian bawahnya pipa beri lubang dengan diameter 1-2 cm dan jarak antar lubangnya sekitar 5 cm.

Jika panjang pipanya lebih 4 m, masing-masing sambungan di balutkan kertas kantong ijuk atau semen. Pada masing-masing belokan di pipa lebih 45 derajat juga perubahan belokannya 22,5 derajat. Buatlah lubang pembersihan. Belokannya 90 deraja di jadikan dua belokan masing-masing 45 derajat, lalu septic tank mempunyai dua sistem resapan menggunakan bak pembagi yang kedap air.

Cara membuat resapan septic tank diatas akan lebih baik jika dilakukan dengan tata cara yang sudah ditetapkan. Anda bisa membuat sendiri atau menggunakan jasa pembuatan resapan septic tank supaya hasilnya lebih baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!