Ciri – Ciri Septic Tank Tersumbat

Tidah diherankan lagi, WC dan septic tank sudah septi kebutuhan pokok bagi tiap – tiap keluarga. Di setiap rumah paling tidak ada satu WC dan Septic tank, keduanya tidak bisa terpisahkan. Di tempat umum juga bisa dipastikan akan keberadaannya, seperti di sekolah, kantor, mall dan lain-lain.

Septic tank itu sendiri adalah suatu tempat yang berfungi untuk menampung limbah yang datangnya dari lubang WC. Limbah manusia tersebut dialirkan melalui pipa saluran yang di sambung dengan bak WC sampai menuju permukaan lubang septic tank.

Septic tank bukan hanya berfungsi sebagai tempat penampungan tetapi juga berfungsi sebagai tempat penguraian dan pengolahan limbah. Penguraian dan pengolahan ini dilakukan oleh bakteri-bakteri yang ada di dalam septic tank.

WC dan septic tank memang sangat membantu dalam aktivitas manusia, tetapi akan sangat menjengkelkan sekali apabila tersumbat atau penuh. Hal ini akan sangat merepotkan dan mengganggu. Dan aktivitas di dalam kamar mandi pun menjadi sesuatu yang tidak nyaman.

Kamar mandi akan bau, bahkan bisa jadi bau tak sedap itu masuk ke dalam rumah. Tentunya Kita tidak mau apabila kamar mandi atau toilet dan rumah Kita ada bau tak sedap dari tersumbatnya septic tank. Biasanya orang-orang akan memanggil sedot WC sebagai solusi atas kejadian tersebut.

Ciri – Ciri Septic Tank Tersumbat

Sebelum memanggil sedot WC, Kita harus mecermati terlebih dahulu masalah apa yang terjadi WC yang mengeluarkan bau tak sedap itu.pemilik rumah biasanya akan langsung mengambil kesimpulan bahwa septic tank penuh dan harus disedot dengan segera.

Padahal hal ini memiliki dua kemungkinan. Pertama memang disebabkan oleh septic tank yang penuh, dan yang kedua karena septic tank yang tersumbat. Oleh karena itu, Kita harus mengetahui ciri-ciri septic tank tersumbat. Agar tidak terjadi kesalahan dalam mengambil tindakan dan memberi informasi.

Untuk mengetahui apakah penyebab gangguan pada toilet Anda, coba simak ciri-ciri septic tank tersumbat berikut ini!

  1. Adanya penyumbatan pada saluran pembuangan atau pipa saluran

Sumbatan bisa berupa kotoran atau pun sampah yang seharusnya tidak di buang di toilet atau WC, seperti pembalut, bungkus sabun dan lain sebagainya.

  1. Air dan limbah tidak jalan

Air limbah macet, padahal sebelumnya sudah pernah disedot oleh sedot wc dalam waktu yang belum lama, hanya berjarak sekitar seminggu, dua minggu atau sebulan. Dengan jarak yang singkat ini, tidak mungkin septic tank penuh dengan waktu secepat itu. Jadi kemungkinan terbesarnya ada yang menyumbat saluran pembuangan sehingga menghambat lewatnya limbah.

  1. Munculnya bau tak sedap

Dari mana munculnya bau tak sedap ini? Sumber pastinya adalah bau dari limbah yang tidak bisa menuju tempatnya, yaitu septic tank. Bau limbah yang belum dipsoses ini memang sangat tidak sedap.

  1. Air dan limbah tidak turun walaupun sudah disiram dengan banyak air

Hal ini disebabakan karena jalan menuju septic tank tersumbat oleh barang yang seharusnya tidak dibuang lewat WC atau Closet.

Sedangkan jika septic tank penuh, air masih bisa mengalir sedikit demi sedikit tetapi limbah tidak ikut mengalir bersama air. Dan untuk mengalirkan limbah dibutuhkan waktu yang lama dan air yang banyak.

Setelah mengetahui ciri-ciri septic tank tersumbat, Kita tidak perlu panik jika tiba-tiba pada toilet Kita terdapat ciri-ciri seperti di atas. Langsung saja menghubungi pihak terkait di nomor telepon 081331449996. Dan tetap menjaga kebersihan toilet agar tidak tersumbat lagi.


1 Comment

Yoga Dwi Putra · April 5, 2020 at 6:51 pm

Bagus Artikelnya.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!