Cara Mudah Merawat Toilet Agar Tetap Bersih

Menjaga kebersihan toilet sama pentingnya dengan menjaga kesehatan diri Anda dan keluarga. Bukan hanya bau tak enak dan suasana yang tak sedap dipandang, beberapa bakteri dan kuman yang tidak dibersihkan secara berkala bisa menyebabkan beragam penyakit seperti diare. Untuk menjaganya, ada beberapa cara merawat toilet agar tetap bersih yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah.

Cara mudah merawat toilet agar tetap bersih

Cara mudah merawat toilet agar tetap bersih

  1. Segera kosongkan tong sampah

Cara merawat toilet atau kamar mandi yang pertama kali yaitu membersihkan tong sampah kamar mandi, Sebelum memperhatikan sela – sela keramik yang menguning, hal yang paling mengganggu pandangan adalah sampah yang menumpuk di tong dalam kamar mandi. Jika dibiarkan terus, selain merusak pemandangan, sampah yang dibiarkan lama akan semakin membuat Anda malas membersihkannya. Kosongkanlah tong sampah secara berkala, setidaknya dua hari sekali.

  1. Pastikan toilet memiliki sirkulasi udara yang baik

Yang kedua adalah memastikan toilet atau kamar mandi memiliki sirkulasi udara yang baik, Bakteri biasanya akan lebih mudah berkembang di tempat yang lembap dan memiliki sirkulasi udara yang jelek. Untuk membuat udara di dalam toilet atau kamar mandi terus berganti, pastikan jendela atau ventilasi terbuka dengan baik. Jika di toilet rumah Anda tidak memiliki toilet mulai sekarang buatkan ventilasi di kamar mandi Anda, Anda tidak perlu membuat ventilasi terlalu besar, yang terpenting adalah manfaat dari ventilasi tersebut yaitu sebagai pertukaran udara, sehingga toilet atau kamar mandi Anda lebih segar tidak lembab dan pengap. Jika Anda memiliki budget lebih Anda bisa menambahkan exhaust fan pada kamar mandi Anda.

  1. Gunakan pembersih serbaguna untuk membersihkan toilet

Salah satu cara merawat toilet agar tetap bersih dan tidak mudah rusak adalah memastikannya bebas dari jamur dan bakteri. Caranya adalah membersihkan toilet dengan cairan pembersih. Untuk hasil terbaik, pilih pembersih yang memiliki kemampuan membersihkan noda sekaligus mendisinfeksi permukaan keramik dan toilet

Anda bisa mendapatkan cairan pembersih ini dengan sangat mudah, Anda tinggal membelinya di toko atau supermarket di sekitar rumah Anda. cara pengunaan cairan pemberih ini sangat mudah pertama – tama tuangkan cairan pembersih ini ke permukaan lantai toilet Anda Setelah menuangkan cairan, tunggu 5 hingga 10 menit untuk memastikan cairan pembersih bekerja dengan baik kemudian sikat. Untuk kotoran yang membandel, Anda mungkin harus menuangkan lebih banyak cairan dan mendiamkannya semalaman.

Selain dengan pembersih yang banyak dijual di pasaran, Anda juga bisa membuat cairan pembersih sendiri dengan menggunakan campuran cuka, baking soda, borax atau hydrogen peroksida.

  1. Bersihkan toilet secara berkala

Cara merawat toilet agar tetap bersih adalah dengan membersihkannya secara teratur. Mulailah dengan rutin menyikatnya setelah toilet digunakan atau setidaknya sebanyak dua kali sehari. Semprotkan pembersih toilet atau air cuka dengan perbandingan 1:1 ke dalam bowl-nya untuk mengurangi penumpukan kotoran. Sikatlah bagian dalam dan keseluruhan toilet setidaknya sekali seminggu. Letakkan pembersih toilet di posisi yang dekat dengan Anda agar Anda selalu ingat untuk langsung menuangkan setelah menggunakan toilet.

  1. Campurkan cairan pembersih ke dalam air di dalam tank

Banyak di antara Anda yang mungkin sudah familiar dengan trik ini. Selain dengan pembersihan secara berkala, Anda bisa menambahkan cairan pembersih lantai ke dalam tangki air. Cairan ini akan mengalir setiap kali Anda menekan tombol flush dan akan membantu membunuh bakteri setelah penggunaan.

Menambahkan cairan pembersih ke dalam tank air toilet dapat membantu menghilangkan tumpukan kotoran di dalam saluran air dan mencegahnya tersumbat. Anda bisa menggunakan pembersih yang berbentuk dissolving tablet agar bertahan lebih lama meski air di dalam tangki air terus berganti.

  1. Bersihkan peralatan Anda

Tidak peduli seberapa sering Anda menyikat toilet, jika sikat yang dipakai tidak dibersihkan maka hasilnya akan sama saja. Anda bisa mensterilkannya kembali dengan menggunakan campuran pembersih toilet yang sudah dicampur air. Hidrogen peroksida juga sangat berguna menyingkirkan bakteri, termasuk pada sikat toilet Anda. Gantilah sikat setidaknya sekali dalam setahun atau ketika bentuknya sudah tidak utuh lagi.

  1. Gunakan pewangi ruangan

Setelah kamar mandi bersih serta terbebas dari jamur dan bakteri, saatnya memberikan sentuhan akhir berupa wewangian ruangan. Toilet yang wangi tentu saja akan terasa lebih nyaman saat digunakan. Selain pewangi yang bisa Anda beli di swalayan, lilin aroma terapi juga bisa jadi pilihan yang tak kalah elegan untuk toilet Anda.

Itulah cara mudah merawat toilet agar tetap bersih yang bisa Anda terapkan dengan mudah di rumah.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!