Tips Memilih Pompa Air

Kali ini kita akan membagikan beberapa tips memilih pompa air untuk keperluan rumah. Sebelum membeli, pastikan Anda mengetahui informasi-informasi berikut ini:

  1. Spesifikasi dasar pompa air. Spesifikasi dasar ini dapat diperoleh dari media brosur, kemasan pompa atau dari situs internet resmi produsen pompa air. Spesifikasi itu antara lain:
    • Daya hisap atau suction lift yang diukur dengan satuan meter dari jarak kedalaman sumber air hingga posisi pompa air. Saran untuk diingat, selalu gunakan pompa air dengan daya hisap yang lebih besar dari kedalaman permukaan sumber air. Alangkah lebih baiknya jika kita mengetahui kedalaman sumber air saat musim kemarau karena pada saat inilah permukaan air lebih rendah permukaannya dibandingkan saat musim hujan. Jika didapatkan kedalaman air sebesar 4 meter, gunakan pompa air dangkal dengan suction lift lebih besar, misalkan 9 meter.
    • Discharge Head atau daya pancar, dihitung dari ketinggian titik tujuan aliran air yang paling tinggi hingga posisi pompa air. Pastikan pompa air yang dipilih memiliki daya pancar yang sesuai. Contoh jika ada tangki air (tandon) yang harus diisi di dalam jalur instalasi pipa air.
    • Flow atau kapasitas pompa untuk memindahkan atau mengalirkan debit air setiap menitnya. Jika terpasang peralatan yang memerlukan pastikan air berdebit stabil, seperti water heater atau pressure cleaner, maka diperlukan pompa booster untuk itu.
    • Power atau daya listrik yang diperlukan pompa air untuk bekerja dengan baik. Pastikan rumah kita memiliki daya listrik yang mumpuni untuk memasok pompa air. Daya rumah harus selalu lebih besar daripada keperluan seluruh perangkat elektronik Anda, termasuk pompa air. Tentu Anda tidak ingin, rumah Anda gelap karena lampu harus dimatikan saat pompa air beroperasi, bukan?
  2. Selanjutnya adalah peletakan pompa air. Pastikan pompa air diletakan sesuai kebutuhannya dan aman dari terkena aliran air dan kelembapan, dikhawatirkan akan menimbulkan karat yang nantinya akan mengurangi kinerja pompa air. Pastikan juga pompa air terhindar dari area yang mengandung bahan mudah terbakar. Hal ini perlu untuk menghindari bahaya kebakaran akibat korsleting.
  3. Perhatikan jumlah sudut dan simpangan pada jaringan pemasangan pipa saluran air. Setiap sudut dan sampingan memerlukan perangkat pipa khusus yang disebut sebagai “keni” yang berasal dari kata dari bahasa Inggris, knee. Jumlah keni yang terlalu banyak akan mengurangi kinerja pompa air untuk menyedot dan memancarkan air, dan juga menurunnya kapasitas pompa yang berakibat pada meningkatnya konsumsi listrik. Satu keni mengurangi daya pancar sebesar 1 meter!

Itulah beberapa tips memilih pompa air yang bisa Anda gunakan sebagai acuan sebelum membeli pompa air. Satu lagi jika sudah melakukan pemasangan instalasi pompa air dan ternyata daya pancarnya menurun di bandingkan ketinggian tujuan air, maka Anda bisa menambahkan pompa booster pada instalasi saluran air pada rumah Anda.

Harga Pompa Air Terbaik Rp 1 Jutaan

Apakah harga pompa air mahal ? engak kok, masih banyak produk pompa air yang harganya kurang dari 1 juta. Enggak usah ragu juga soal kualitasnya karena meskipun harganya Rp1 jutaan produk buatan merek ternama ini tentu berkualitas tinggi. Simak rekomendasinya di sini !

  1. Shimizu PC – 260 BIT

Pompa air Shimizu telah lama menjadi andalan sebagian besar masyarakat Indonesia. Selain terkenal akan kualitasnya yang bagus. Anda tak perlu meragukan kemampuan setiap produk dari Shimizu. Produk Shimizu PC – 260 BIT ini contohnya produk pompa air ini dapat digunakan pada sumur dengan kedalaman 15 meter dan memiliki daya dorong maksimal 30 meter. Harganya Rp 1,2 jutaan.

  1. Shimizu PS 135 E

Tak ingin kalah dengan produk lainnya, Shimizu mengeluarkan pompa air PS 135 E yang digunakan untuk sumur dangkal. Dengan daya listrik hanya 125 watt, dengan daya hisap hingga 9 meter dan daya dorong hingga 30 meter.

Shimizu PS 135 E memiliki kelebihan dapat menyala secara otomatis menyesuaikan dengan isi tangki air. Harga pompa air Shimizu PS 135 E ini hanya Rp 480 ribuan saja.

  1. Harga Pompa Air Shimizu PS 226 BIT

Masih dari merek Shimizu, kali ini ada pompa air tipe PS 226 BIT yang berfungsi sama untuk sumur dangkal. Hal yang berbeda dari pompa air ini adalah konsumsi listriknya yang lebih besar, yaitu sekitar 200 watt.

Namun, keuntungannya adalah pompa air Shimizu PS 226 BIT ini suara mesinnya halus dan dijamin daya tahannya kuat.Bagi sebagian orang, dua faktor di atas adalah hal yang penting untuk diperhatikan saat memilih pompa air. Harga pompa air Shimizu PS 226 BIT adalah Rp900 ribuan.

  1. Harga Pompa Air Sanyo PWH236

Sanyo diangap sebagai produk pompa air dengan kualitas paling top dengan harga yang ekonomis. Salah satu merek produk sanyo yang bisa Anda coba yaitu Sanyo PWH236. Produk ini adalah salah satu produk unggulan dari perusahaan ini.

Pompa air ini dapat digunakan untuk kedalaman air hingga 9 meter dan mampu mendorong air hingga 30 meter. Dengan daya listrik hanya 125 watt, pompa air ini mampu menyedot air hingga 50 meter per menit. Sanyo PWH236 dijual dengan harga sekitar RP680 ribuan.

  1. Panasonic GP-200JXK

Jika Anda lebih percaya nama besar, maka Anda wajib mencoba pompa air dari Panasonic. Salah satunya yaitu pompa air sumur dangkal dengan tipe GP-200JXK. Pompa air ini berdaya hisap maksimal 9 meter namun hanya memiliki daya dorong 18 meter saja.

Tapi, di sisi lain pompa air Panasonic GP-200JXK ini mampu menghasilkan air hingga 45 liter per menit. Anda bisa membeli pompa air Panasonic GP-200JXK dengan harga Rp625 ribu saja.

  1. Panasonic GA-130JACK

Panasonic GA-130JACK dilengkapi fitur yang hampir mirip dengan tipe sebelumnya. Dengan daya hisap 9 meter, daya dorong hingga 18 meter, namun membutuhkan konsumsi listrik hanya 125 watt saja.

Menariknya pompa air Panasonic GA-130JACK bersistem otomatis, sehingga Anda tidak akan repot jika ingin menghidupkan atau mematikan pompa air ini. Harga pompa air ini pun cukup murah, hanya Rp850 ribuan saja.

  1. Wasser PW 131 E

Produk pompa air selanjutnya adalah Wasser PW 131 E meski dari segi penamaan kurang terkenal, namun kualitas wasser tidak kalah dengan merek ternama lainnya.

Untuk produk pompa air dari Wasser, Anda bisa mencoba menggunakan pompa air Wasser PW 131 E, pompa air ini membutuhkan daya listrik 125 watt, berdaya hisap hingga 9 meter dan berdaya dorong hingga 26 meter. Harga pompa air Wasser PW 131 E pun sangat murah, hanya Rp390 ribuan saja.

  1. Harga Pompa Air Wasser PW 225 E

Jika produk Wasser di atas masih kurang meyakinkan, Anda pasti akan menyukai pompa air Wasser PW 225 E. Pompa air ini dilengkapi daya hisap hingga 9 meter dan daya dorongnya maksimal hingga 31 meter.

Sayangnya pompa air Wasser PW 225 E mengonsumsi daya listrik yang lebih besar yaitu 220 watt. Harga pompa air untuk Wasser PW 225 E adalah sekitar Rp840 ribuan.

  1. DAB Stainless Euroinox 40/50

Pasti masih banyak yang tidak mengetahui produk yang satu ini, padahal DAB adalah perusahaan asli Indonesia.

Meskipun produk Indonesia, tapi kualitasnya tidak perlu diragukan lagi!. Produk DAB Stainless Euroinox 40/50 ini contohnya. Meskipun daya hisapnya hanya 5 meter, namun daya dorongnya bisa mencapai tinggi 57,5 meter.

Selain itu, pompa air ini bisa menghasilkan debit air hingga 4,8 m3 per jamnya bila tertarik, Anda bisa membelinya hanya dengan harga Rp700 ribuan saja.

  1. Harga Pompa Air DAB Semijet Jet82M

Pompa air produksi DAB lainnya yang menjadi andalan adalah DAB Semijet Jet82M. Spesifikasinya jauh lebih baik, misalnya daya hisap hingga 11 meter dan daya dorong hingga 58 meter.

Konsumsi listriknya 250 watt namun bisa menghasilkan air hingga 4 m3 per jamnya. Semua kemewahan pompa air ini dapat dibeli hanya dengan Rp950 ribuan saja.

Semoga artikel tips memilih pompa air ini dapat bermanfaat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!