Air WC Jongkok Susah Turun

Air WC jongkok susah turun adalah masalah yang lumrah terjadi bagi setiap pemilik rumah. Karena water closet adalah tempat yang digunakan setiap hari, permasalah seperti air susah turun tentu sangat meresahkan. Bagi setiap rumah WC memegang peranan penting sebagai tempat saluran pembuangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut secara tepat maka harusĀ  ditemukan terlebih dahulu apa penyebab air WC menjadi susah turun.

Apa Penyebab Air WC Jongkok Susah Turun?

Teradapat dua kemungkinan penyebab air pada wc tidak lancara yakni septik tank akan penuh atau terjadinya penyumbatan. Jangan bingung jika mengalami permasalahan pada saluran pembuangan di rumah. Simak beberapa faktor yang menyebabkan air WC susah turun dibawah ini.

  1. Membuang sampah secara sembarangan pada lubang wc

Faktor yang paling sering menjadi sebab air pada wc sulit turun adalah kebiasaan buruk membuang sampah sembarangan pada lubang WC jongkok. Sampah yang sering dibuang ke lubang WC contohnya bungkus sabun, tisu bekas, dan bungkus sampo. Mungkin saja terlihat sepele namun dalam jangka panjang akan berakibat penyumbatan pada saluran pembuangan.

Jika terus mengabaikannya sampah akan menumpuk di dalam saluran dan menghalangi aliran air pada pipa WC.

  1. Pipa saluran pembuangan yang terlalu datar

Selanjutnya adalah kesalahan pada cara pemasangan pipa saluran, sehingga air tidak bisa mengalir dengan lancar karena posisinya yang terlalu datar. Kesalahan seperti ini mungkin saja terjadi jika pemiliki rumah tidak jeli memantau pembuatan saluran WC oleh tukang. Jika pipa saluran dipasang terlalu datar, maka baik feses maupun air akan sulit tersalurkan pada septik tank. Sehingga kotoran akan menumpuk kemudian terjadilah penyumbatan.

  1. Ventilasi yang tidak memadai

Air WC jongkok susah turun bisa disebabkan juga oleh ventilasi udara yang tidak memadai atau bahkan tidak tersedia. Saluran sirkulasi udara ini sering kali terabaikan oleh pemilik rumah, padahal ventilasi memiliki fungsi yang penting bagi saluran pembuangan rumah tangga.

Penting untuk ikut memantau bagaimana tukang membuat struktur saluran WC jongkok di rumah agar tidak dibuat secara sembarangan. Harus ada pipa ventilasi udara dalam komponen pembuatannya. Jika pipa ini tersumbat otomatis akan mengganggu sirkulasi udara yang menyebabkan air pada WC tidak mudah turun.

  1. Benda asing di dalam saluran

Jika sudah tidak membuang sampah sembarangan, namun air tetap sulit turun kemungkinan ada benda asing di dalam saluran secara tidak sengaja. Hal ini bisa saja terjadi jika pemilik rumah memiliki balita.

Si kecil bisa saja menjatuhkan mainan atau sengaja membuang suatu benda ke dalam lubang WC tanpa sepengetahuan anggota keluarga yang lain. Penggunaan water closet yang tidak semestinya inilah yang menyebabkan terjadi permasalah pada saluran pembuangan kotoran.

  1. Septik tank penuh

Penyumbatan pada saluran WC jongkok tentu sangatlah mengganggu karena akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Apabila beberapa gangguan di atas bukanlah salah satuĀ  penyebab air WC jongkok susah turun, maka bisa saja septik tank sudah penuh. Jika demikian sudah pasti air pada WC akan susah turun ke dalam tangki pembuangan tersebut.

Cara Mengatasi Air WC Jongkok Susah Turun

Setelah membahas tentang faktor apa saja yang bisa penyebabkan air WC susah turun, selanjutnya adalah bagaimana cara untuk mengatasinya. Jangan mengabaikan permasalah pada saluran pembuangan rumah tangga. Apabila terjadi permasalahan maka harus segera diatasi dengan beberapa cara sebagai berikut.

  1. Bersihkan kotoran penyumbat wc

Jika penyebab air WC jongkok susah turun adalah adanya kotoran seperti sampah atau benda asing lainnya, maka segera bersihkan. Untuk menyelesaikan pengambilan benda tersebut pastikan tangan terlindung dengan sarung tangan. Sehingga tangan tetap besih tidak terkena air atau feses selama proses pembersihan tersebut.

Salah satu benda yang dapat dimanfaatkan untuk membersihkan atau mengambil kotoran tersbut adalah hanger berbahan kawat. Namun dengan catatan benda atau kotoran yang menyumbat saluran tidak terlalu jauh letaknya dari lubang WC.

Hal pertama yang harus dilakukan adalah luruskan kawat gantungan baju agar bisa masuk ke dalam lubang WC. Kemudan buat kawat sedikit melengkung mengikuti bentuk lubang, lalu mulailah menarik kawat secara perlahan saat sudah menyentuh benda atau kotoran penyumbat saluran WC.

  1. Gunakan air hangat dan sabun cuci piring

Apabila penyebab dari permasalahan adalah septik tank yang sudah penuh salah satu cara yang bisa dilakukan adalah denga memanfaatkan sabun cuci piring. Fungsi dari sabun ini adalah untuk membuat saluran menjadi licin. Kemudian gunakan pula air hangat yang fungsinya adalah sebagai pelunak dari kotoran.

  1. Manfaatkan alat pelancar wc atau plunger

Cara efektif lainnya untuk mengatasi permasalahan pada WC adalah menggunakan plunger. Alat pelancar WC ini juga sangat mudah digunakan yakni dengan memasukkan ujung alat pada lubang WC. Setelah itu lakukan gerakan memompa hingga salurang air WC jongkok kembali lancar.

  1. Panggil jasa sedot wc

Apabila segala upaya yang di atas telah dilakukan namun permasalahn saluran WC tidak kunjung teratasi, maka solusi terakhir adalah memanggil jasa sedot WC. Dengan demikian masalah air WC jongkok susah turun akan ditangani langsung pada orang yang profesional dalam bidang ini. Penyedia jasa juga akan membantu untuk menemukan faktor penyebab penyumbatan pada WC dengan cepat serta mengatasinya dengan tepat.

WC adalah tempat yang penting dalam sebuah rumah dan digunakan setiap hari. Untuk itu permasalan yang terjadi pada WC harus cepat dicari penyebab dan solusinya agar saluran pembuangan kotoran menjadi lancar kembali.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!