Cara Kerja Bio Septic Tank Yang Wajib Diketahui

Keberadaan tangki bio septic tank dapat menjadi pilihan yang terbaik untuk menjaga kebersihan lingkungan agar tidak tercemar dengan limbah kotoran manusia. Hal ini bukan tanpa alasan karena jenis septic tank yang satu ini memiliki banyak sekali kelebihan dibandingkan dengan septic tank konvensional. Cara kerja bio septic tank ini juga tidak rumit.

Menggunakan septic tank konvensional pada saat ini bukanlah pilihan yang tepat. Hal ini dikarenakan hasil pembuangan limbah masih dapat berpontensi untuk mencemari tanah dan merusak komposisi tanah. Inilah yang dapat menyebabkan banyak masalah seperti air tanah dapat mengandung kuman, bakteri, hingga mikroba yang berbahaya.

Cara Kerja Bio Septic Tank

Cara kerja bio septic tank sendiri berbeda dengan septic tank konvensional. Inilah yang membuat tidak sedikit dari masyarakat yang beralih menggunakan bio septic tank terlebih lagi jenis septic tank yang satu ini juga tergolong lebih ramah lingkungan. Hal tersebut bukan tanpa alasan karena kotoran manusia nantinya akan diubah menjadi cairan yang jernih sehingga tidak akan merusak lingkungan.

Untuk harga bio septic tank sendiri bervariasi dan tergantung dari ukuran yang Anda pilih. Sampai disini, pasti Anda penasaran dengan cara kerja dari bio septic tank ini dan mengapa kotoran tersebut dapat diubah menjadi cairan yang jernih dan ramah terhadap lingkungan. Berikut ini cara kerja dari bio septic tank yang perlu Anda ketahui.

  1. Filter awal yang akan memisahkan kotoran padat dan cair

Cara kerja pertama dari bio septic tank sendiri ternyata tidak dapat dipisahkan dengan filterasi. Filter ini memiliki fungsi untuk memisahkan kotoran dengan sifat padat dan cair. Proses inilah yang akan membuat kotoran manusia dapat terpisah dengan sempurna dimana limbah padat akan mengendap dengan baik.

  1. Filter air

Apabila kotoran padat dan cair suda dipisahkan, maka langkah berikutnya adalah proses yang terjadi pada filter air. Di dalam filter air kotor terdapat bola-bola atau bioball. Dimana alat tersebut akan memberikan pengaruh pada hasil ahir dari pembuangan septic tank bio. Filter ini pun nantinya akan menghasilkan air dengan warna yang jernih dan tidak akan mencemari lingkungan.

  1. Filter pengurai bakteri

Cara kerja dari tangki bio septic tank yang berikutnya adalah proses yang terjadi pada filter pengurai bakteri. Pada bagian ini, akan terdapat saringan atau filter dimana tugasnya adalah untuk mengurai bakteri agar tidak dapat mencemari lingkungan. Di dalam filter tersebut akan diberikan tablet bakteri konsentrat secara rutin.

Tujuannya adalah agar proses penguraian kotoran dapat berlangsung secara aktif. Bakteri tersebut akan menguraikan kotoran padat dan cair secara berkelanjutan sehingga isi dari tangki tersebut tidak perlu dikuras secara manual.

Dalam mengisikan konsentrat sebaiknya juga harus sesuai dengan aturan yang terdapat pada aturan. Sebaiknya jauhkan konsentrat tersebut dari jangkau anak-anak maupun hewan peliharaan.

Cara Merawat Bio Septic Tank

Untuk Anda yang sudah menerapkan septic tank bio ini, Anda juga wajib untuk mengetahui bagaimanakah cara merawat jenis septic tank yang satu ini. berikut ini beberapa cara yang dapat Anda lakukan.

  1. Jangan pernah memasukkan benda-benda yang tidak mampu diuraikan oleh bakteri pengurai ke dalam tangki septic tank. Benda-benda tersebut diantaranya adalah plastik, kertas, puntung rokok hingga pampers.
  2. Hindarilah pemakaian cairan untuk pembersih kloset secara berlebihan. Hal ini karena cairan pembersih tersebut justru dapat membunuh bio bakteri yang sudah diletakkan di dalam tangki bio septic tank.
  3. Jangan lupa buat menambahkan bio bateri secara berkala setiap 1 tahun sekali melalui kloset. Adapun fungsi penambahan bakteri tersebut berguna agar bakteri di dalamnya terus berkembang biak.
  4. Selain menambahkan bio bakteri secara berkala, sebaiknya Anda juga menambahkan tablet disinfektan setiap setahun sekali. Fungsinya agar air buangan limbah tetap aman dari bakteri patogen.

Bio septic tank memang menjadi sala satu pilihan septic tank yang terbaik karena banyaknya kelebihan yang ditawarkan. Demikian cara kerja bio septic tank yang wajib untuk Anda ketahui.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!