Cara Membersihkan Grease Trap

Mungkin Anda pernah melihat sebuah kotak dibawah kitchen sink dan bingung apa kotak tersebut dan apa fungsi dari kotak tersebut ? Apabila benar begitu mari kita bahas fungsi dan peranan kotak tersebut di sistem sanitasi rumah kita.

Kotak atau bak yang berada dibawah kitchen sink tersebut merupakan grease trap. Grease trap merupakan sebuah wadah penyaring lemak dan minyak yang biasanya ada di air buangan dapur. Air buangan dapur yang mengandung lemak dan minyak harus segera dibersihkan sebelum masuk ke saluran lebih lanjut. Hal ini dikarenakan minyak dan lemak biasanya akan menempel di dinding pipa dan lama kelamaan dapat menggumpal sehingga menyumbat jalur perpipaan. Mari mengenal grease trap lebih lanjut dan seperti apa cara kerjanya.

Sebuah grease trap biasanya terdiri dari dua sampai tiga buah bilik yang berhubungan. Air lemak akan masuk ke bilik pertama. Dibilik ini, kotoran padat atau sisa makanan yang tercampur di air akan disaring atau diendapkan di dasar bilik. Sedangkan minyak dan lemak akan terpisah dengan sendirinya dari air (mengapung) akibat massa jenisnya yang lebih ringan. Selanjutnya, air bersih akan berada di zona tengah dan dialirkan menuju bilik selanjutnya sebelum dibuang ke saluran pipa lanjutan menuju riol kota. Perlu diingat bahwa grease trap tidak bisa membersihkan dirinya sendiri, sehingga diperlukan pembersihan rutin saat lemak dan sisa makanannya sudah menumpuk.

Cara membersihkan grease trap

Cara membersihkan grease trap

Seiring perkembangan teknologi, grease trap juga mengalami berbagai evolusi. Dari yang dulunya terbuat dari beton bertulang yang dipendam di dalam tanah, berevolusi menjadi bak stainless steel yang anti karat yang bisa dipasang di atas dan bawah tanah, berevolusi lagi menjadi bak yang lebih kecil (portable) yang dilengkapi saringan untuk sisa makanan padat.

Perlu diingat pula, bahwa grease trap tidak dapat 100% membersihkan air buangan dari dapur. Sisa makanan dan minyak terkadang juga masih dapat lolos dan menyumbat pipa meskipun tidak sesering apabila tidak menggunakan grease trap. Oleh karena itu penting untuk melakukan pembersihan grase trap secara rutin.

Penting Untuk Membersihkan Grease Trap

Siapapun yang berkerja di restoran pasti sangat familiar dengan grease trap atau sering disebut perangkap lemak. Sebagian besar pekerja restoran tahu bahwa jika tidak membersihkannya secara teratur akan menimbulkan bau yang tidak sedap. Selain memastikan bahwa dapur Anda tidak berbau, masih banyak alasan mengapa penting untuk membersihkan grease trap setiap sebulan sampai dua bulan sekali. Berikut ini yang harus Anda ketahui tentang pembersihan grease trap :

  1. Limbah lemak makanan bisa menyebabkan saluran tersumbat

Fungsi utama grase trap adalah untuk menjaga lemak, sisa minyak, dan sampah padat tidak menyumbat saluran pembuangan atau terbawa masuk kedalam tempat tampungan limbah. Grase trap juga memerlukan perawatan supaya kinerjanya tetap maksimal. Ketika grease trap tidak bekerja atau mengalamai kendala, lemak, sisa minyak dapat bocor terbawa ke sistem drainase yang nantinya akan mengarah ke penumpukan lemak dan menyebabkan mampet. Efek buruknya adalah dapat mempengaruhi sistem saluran air kota Anda dan juga menyebabkan selokan meluap. Jika hal ini ditelusuri kembali, Anda bisa didenda karena pelanggaran saluran kota.

  1. Limbah lemak makanan menjadi penyebab bau tidak sedap

Lemak, sisa minyak bisa menjadi penyebab saluran tersumbat selain itu juga bisa menyebabkan polusi. Jika limbah lemak, sisa makanan tidak diolah dengan baik sangat berpontensi menyebabkan polusi udara karena baunya yang tidak sedap. Penting untuk menutupi grease trap jika letaknya berada diluar ruangan, untuk melindungi grase trap dari air hujan. Jika grase trap terlalu penuh dengan air, bisa menyebabkan luapan dan tumpahan, memungkinkan limbah lemak mengalir dan menyebar ke luar grease trap.

Hanya karena grease trap berada di luar ruangan bukan berarti grase trap tidak dapat mengotori bagian dalam dapur, limbah yang tertampung pada grase trap ini membentuk asam sulfat, asam beracun yang menimbulkan bau tidak sedap. Asam ini juga berpontensi merusak baja dan beton dari bagian grase trap. Untuk menghindari hal – hal ini alangkah baiknya jika Anda melakukan pengurasan dan pembersihan secara teratur pada grase trap.

  1. Bersihkan lemak makanan sebelum mencapai grease trap

Untuk mengurangi banyaknya limbah lemak, makanan benar – benar mencapai perangkap, Anda perlu secara teratur membersihkan mesin lemak makanan yang berada dibawah bak cuci untuk membersihkannya jadwalkan seminggu sekali. Mungkin hal seperti ini kelihatanya sangat merepotkan tetapi dengan melakukan pembersihan tersebut membuat pekerjaan jauh lebih mudah, dan juga dapat secara signifikan memotong seberapa sering Anda harus membersihkan grease trap.

Alat Serta Bahan Yang Perlu Anda Siapkan :
  1. Sebuah sampah besar.
  2. Dua atau tiga sampah liners / tas atau wadah sealable.
  3. Bahan penyerap tersedia di toko onderdil mobil atau bisa juga pasir kotoran kucing.
  4. Peralatan untuk membuka Grease trap: Kepala kunci hex (allen kunci pas), sekrup driver / pry bar kecil, scraper, sarung tangan karet dan kacamata pengaman.
  5. Alat untuk membersihkan isi grease trap.
    • Sendok dari beberapa jenis untuk menghilangkan air dan padatan
    • Scraper (kape)
    • Vakum basah / kering (opsional)
    • Handuk bersih atau kain
Cara Membersihkan Grease Trap :
  • Hidupkan pengencang berlawanan arah jarum jam untuk melonggarkan dan hati-hati melepas tutup grease trap tanpa merusak gasket. Bersihkan, periksa, dan ganti paking jika diperlukan.
  • Perhatikan cara di mana bagian-bagian internal diinstal karena Anda harus menginstal ulang dengan benar setelah Anda selesai membersihkan grease trap.
  • Mulai bersihkan isi dari perangkap grease trap dengan mengeluarkan sampah produk dari dalam grease trap.
  • Kuras semua isi grease trap hingga kosong.
  • Jangan gunakan air panas, minyak pelumas, atau sabun untuk membersihkan interior perangkap.
  • Mengikis semua dinding dalam, baffle, dan layar untuk memastikan pergerakan air melalui unit.
  • Periksa dan perhatikan kondisi tangki, baffle, dan semua komponen yang dapat dilepas. Jadwal perbaikan atau penggantian yang diperlukan.
  • Pastikan perangkap grease telah benar dipasang kembali (semua bagian internal berada di tempat yang tepat).
  • Periksa gasket untuk kerusakan. Ganti jika diperlukan – tidak pernah menggunakan silikon tabung sebagai paking.
  • Bersihkan dan instal ulang gasket karet dan reposisi tutup pada tangki. Pastikan semua sekrup dan berada di tempat nya dan kencangkan.
  • Pastikan cukup bahan penyerap telah ditempatkan dalam tas untuk menyerap semua cairan berlebih. Tambahkan lebih jika diperlukan. Amankan dengan mengikat kantong sampah sehingga tidak bocor.
  • Buang Kantong sampah tersebut di pembuangan sampah (limbah padat) atau ke wadah yang ditunjuk. Jangan membuang sampah grease trap atau sampah dapur ke dalam sistem saluran pembuangan saniter (toilet, cleanouts, manholes, dll), saluran, kolam, atau daerah luar.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!