Cara Mengatasi Septic Tank Bocor

Memasang septic tank harus memiliki perhitungan yang tepat. Sebab jika hanya dipasang asal-asalan, bukan tidak mungkin bisa mengakibatkan kebocoran, sehingga dapat mencemari lingkungan. Selain itu, bau tidak sedap pasti juga akan sangat mengganggu masyarakat sekitar. Oleh sebab itu, sebaiknya Anda juga mengetahui bagaimana cara mengatasi septic tank bocor ini agar tidak menimbulkan masalah yang berlarut-larut.

Cara Mengatasi Septic Tank Yang Mengalami Kebocoran

Perlu diketahui, udara yang telah tercemar oleh bau limbah dari septic tank ini juga tidak sehat jika terhirup oleh manusia. Pasalnya, udara tersebut telah tercampur dengan zat-zat berbahaya yang berasal dari tinja atau kotoran manusia tersebut.

Semua penghuni rumah seharusnya mengetahui penyebab septic tank bocor dan ini harus menjadi perhatian besar karena fungsi septic tank sangatlah vital. Bau tak sedap adalah salah satu indikasi, bahwa septic tank sedang dalam keadaan tidak baik atau ada kebocoran di sana. Umumnya, kebocoran ini terjadi karena beberapa hal, seperti pengaruh tekanan tanah atau bisa juga karena debit air yang terlalu tinggi, sehingga menyebabkan air mudah masuk.

Saat musim hujan tiba, Anda sebaiknya patut mewaspadai hal ini, pasalnya debit air hujan yang tinggi membuat air dari limbah jadi meluap keluar. Jika ini dibiarkan, maka lama kelamaan septic tank menjadi tidak kuat menahan air yang masuk, sehingga berakibat terjadinya kebocoran septic tank.

Cara mengatasi septic tank bocor juga bisa dilakukan dengan cara yang sederhana, yaitu dengan manambal. Sebaiknya Anda melakukan penambalan ketika masuk musim kering agar bisa semakin mudah ditangani. Cobalah untuk menambal septic tank di bagian yang bocor, lalu buatkan dinding pengaman yang terbuat dari batu ataupun batu bata sesuai ukuran septic tank. Cara ini cukup efektif agar septic tank di rumah Anda tidak mengalami kebocoran kembali.

Selain kebocoran, masalah lain yang umum terjadi pada septic tank adalah mampet. Untuk mengatasi septic tank yang mampet, Anda bisa coba menggunakan pompa tangki biasa. Frekuensi penyedotan ini pastinya juga tergantung dengan jumlah anggota keluarga serta seberapa sering Anda menggunakan pipa ledeng.

Jika Anda kurang yakin dengan cara penanganan yang dilakukan secara mandiri ini, ada baiknya untuk memanggil jasa tukang ledeng yang profesional. Penyedia jasa ini tentu saja akan melakukan survey secara menyeluruh terlebih dahulu untuk mengetahui masalah yang sebenarnya, sehingga hasil perbaikannya bisa lebih maksimal dibanding jika melakukannya sendiri.

Penyebab Septic Tank Bocor

Selain bau udara yang berubah tidak sedap, ada indikasi lain yang patut untuk diwaspadai terkait adanya masalah pada septic tank ini. Misalnya rumput di sekitar septic tank yang berubah menjadi lebih hijau dan subur, padahal tidak ada hujan atau sedang masuk musim kemarau.

Ini bisa menjadi indikasi, bahwa septic tank di rumah Anda sedang bocor. Tentu saja ini merupakan masalah serius dan harus segera diatasi. Selain mengetahui cara mengatasi septic tank bocor, selanjutnya Anda juga harus mengetahui bagaimana perawatan septic tank yang tepat agar awet dan tidak menimbulkan masalah serius di kemudian hari.

  1. Kerusakan pada pipa

Septic tank merupakan sistem pembuangan yang terdiri dari rangkaian pipa yang saling terhubung dengan berbagai komponen lain. sangat umum jika pipa yang digunakan dalam jangka waktu lama ini kemudian terjadi kerusakan akibat aus, korosi hingga terbentur dengan akar pohon.

Faktanya, akar pohon memang cenderung akan tumbuh mendekati pipa karena tertarik dengan kelembaban yang ditimbulkan dari air. Pergeseran tanah yang diakibatkan dari gempa bumi juga bisa berpotensi merusak pipa. Selain itu, jika Anda terlalu sering melewati pipa juga bisa menimbulkan risiko yang sama.

  1. Pemeliharaan yang tertunda – tunda

Penyebab paling umum dari masalah septic tank adalah tidak adanya perawatan septic tank agar tidak cepat meluap yang seharusnya dilakukan secara berkala. Selain dilakukan secara mandiri, memanggil penyedia jasa pembersih ledeng yang berlisensi juga jauh lebih bagus. Setidaknya gunakan jasa mereka setiap tiga atau lima tahun sekali. Hal ini bisa menghilangkan limbah menumpuk yang bisa berakibat tersumbatnya sistem septic tank.

Seberapa sering dalam membersihkan septic tank ini sebenarnya juga berbeda – beda, ini tergantung dari banyaknya air yang digunakan dan ukuran akuarium Anda. Namun idealnya, untuk rumah yang beranggotakan empat orang setidaknya melakukan pembersihan setiap empat tahun sekali.

  1. Terlalu banyak menggunakan produk pembersih

Tangki septic tank akan menampung air limbah dan benda padat ketika diurai. Bakteri khusus harus ada agar endapan padat memecah menjadi air limbah. Cairan ini nantinya akan terus diencerkan menuju ke saluran pembuangan dan menyaring limbah agar menjadi akam saat meresap ke tanah. Tanpa bakteri pengurai ini, maka sistem pembuangan tidak akan berfungsi maksimal.

Sebaiknya Anda juga jangan terlalu sering menggunakan produk pembersih, misalnya pemutih. Pasalnya, produk seperti ini justru bisa membunuh bakteri pengurai dan justru akan merusak sistem septic tank. Selain itu, limbah yang menumpuk dan tidak bisa terurai secara maksimal juga bisa menyebabkan kebocoran.

  1. Penyekat yang rusak

Sistem septic tank berisi sekat yang mengarahkan aliran air limbah melalui tangki serta menjaganya agar limbah padat tetap tertahan di dalam tangki. Penyekat yang rusak juga menyebabkan limbah cair meluap dari dalam tangki. Inilah yang biasanya membuat akar pohon menjadi tertarik dan merusak septic tank.

Septic tank yang bocor merupakan masalah serius yang harus segera diatasi. Cara mengatasi septic tank bocor yang tepat tentu akan membuat lingkungan tempat tinggal Anda menjadi aman dan terhindar dari pencemaran yang sangat membahayakan kesehatan.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!