Cara Merawat Septic Tank Agar Tidak Cepat Meluap

Bukan hanya membersihkan kamar mandi, Anda juga perlu merawat septic tank supaya tidak cepat penuh. Tidak sulit kok, sebetulnya Anda bisa melakukan perawatan dengan mudah. Mari, simak cara – cara di bawah ini.

Apakah Anda sering membuang sampah ke dalam kloset? Mulai sekarang jangan dilakukan lagi ya, jika tidak ingin saluran pembuangan mampet. Hal satu ini bertujuan untuk merawat septic tank agar tidak cepat meluap dan membahayakan kesehatan anggota keluarga Anda.

Selain itu, jika Anda merawat septic tank dengan baik, bisa membuat Anda tidak sering – sering membongkar atau membersihkan septic tank.

Perlu Anda ketahui, jika pembuatan septic tank diperuntukkan sebagai tempat pengolahan tinja saja. Tidak disarankan untuk membuang air bekas cucian atau air bekas mandi ke dalam septic tank.

Karena itu, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan untuk merawat septic tank dengan baik. Apa saja itu?

  1. Guyur air secukupnya

Langkah pertama untuk merawat septic tank agar tidak cepat meluap adalah tidak mengguyur kloset secara berlebihan. Mungkin maksud Anda melakukan ini adalah baik, ingin menjaga kebersihan kloset dengan mengguyur air sebanyak – banyaknya.

Padahal sebetulnya, cara ini bisa mengakibatkan septic tank cepat penuh loh! Akibatnya, bisa mematikan bakteri baik yang bertugas untuk mengurai kotoran di dalam septic tank.

  1. Memberikan bakteri khusus

Untuk merawat septic tank agar tidak cepat penuh, Anda bisa menambahkan bakteri khusus ke dalam septic tank. Misal, menggunakan serbuk atau tablet yang menghasilkan Bfidobacteria.

Nantinya, bakteri ini bisa mempercepat pembusukan limbah feses. Selain itu, bakteri ini bisa menghilangkan bau tak sedap dari dalam septic tank. Sehingga tidak perlu takut bau menyengat lagi, kan!

  1. Jangan buang sampah di kloset

Cara paling sederhana untuk merawat septic tank agar tidak cepat meluap adalah jangan buang sampah ke dalam kloset. Yup, Anda bisa mengatakan pada keluarga yang ada di rumah, agar tidak membuang benda apapun ke dalam kloset. Jangan sampai ada tisu wajah, pembalut, atau bahkan popok karena tidak bisa terurai di dalam septic tank.

  1. Kuras septic tank

Anda selalu menggunakan kloset setiap hari. Kalau dipakai terus – menerus, septic tank akan penuh, dan membutuhkan tindakan, salah satunya dengan melakukan pembersihan oleh jasa sedot WC.

Anda bisa menguras septic tank, setidaknya 2 – 3 tahun sekali, atau sesuai kapasitasnya, ya! Tujuannya, agar septic tank tidak meluap dan mengeluarkan bau tidak sedap.

  1. Jangan mematikan bakteri

Untuk merawat septic tank tidak mudah penuh, usahakan jangan merusak bakteri alami yang ada di dalam septic tank. Caranya dengan tidak membuang limbah sabun, deterjen, dan cairan pembersih lantai ke dalam kloset.

Dikhawatirkan, cairan tersebut bisa membunuh bakteri alami yang bertugas untuk menguraikan tinja. Semakin banyak jumlah bakteri, maka proses penguraian limbahnya juga akan semakin efisien. Jadi, hati – hati ya!

Itulah beberapa cara merawat septic tank agar tidak cepat meluap hingga 3 sampai 5 tahun pemakaian. Anda juga harus mengajak keluarga di rumah untuk berkerja sama.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!