Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Sabun Cuci Piring

Dewasa ini banyak sekali peretasan hidup alias lifehack yang memudahkan segala kegiatan sehari-hari. Mulai dari cara rumit hingga cara yang sederhana, termasuk memberikan solusi untuk WC mampet tanpa perlu memanggil tukang ledeng. Water  closet alias WC mampet memang sangat meresahkan. Penyebab WC tersumbat pun sangat beragam, tetapi sering terjadi karena kebiasaan buruk membuang sampah ke dalam toilet. Kendati demikian, sabun mandi atau benda-benda lain yang tidak sengaja jatuh ke sana pun bisa menjadi penyebabnya.

Untuk mengatasi situasi tersebut, tak sedikit yang mencoba menyiramnya dengan air sebanyak-banyaknya. Padahal tindakan itu tak begitu membantu dan menyebabkan air mengalami kenaikan.

 

Salah satu lifehack yang ampuh mengatasi permasalahan diatas adalah dengan cara mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring. Namun, sebelum membahasnya, berikut beberapa lifehack lainnya guna mengatasi permasalahan toilet tersumbat.

Beberapa Lifehack Mengatasi Toilet Tersumbat
  1. Baking soda dan cuka

Lifehack yang pertama ialah baking soda yang dicampur dengan cuka. Dua jenis bahan dapur tersebut dipercaya dapat mengatasi berbagai masalah rumah, seperti membersihkan noda membandel hingga WC mampet.

Cara menggunakannya cukup mudah. Taburkan secangkir baking soda ke permukaan air toilet dan diamkan hingga mengendap. Selanjutnya, tuang dua cangkir cuka ke dalamnya dengan gerakan memutar agar cairan tersebut bisa tertuang dengan merata.

Tidak seperti cara mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring, perpaduan dua benda itu akan menghasilkan gelembung reaksi. Pastikan gelembung-gelembung tersebut tidak keluar dari area toilet. Setelah itu, diamkan selama kurang-lebih satu jam sebelum disiram dengan air biasa.

Apabila masih tersumbat, tambahkan baking soda dan cuka lebih banyak lagi serta diamkan dengan durasi yang lebih lama. Kalau perlu, diamkan selama semalaman penuh.

  1. Plastik wrap

Plastik ini kerap digunakan sebagai pembungkus makanan; baik sayuran atau buah potong, di supermarket. Cara menggunakannya cukup dengan menutup dudukan toilet duduk dan pastikan plastik menempel dengan sempurna. Hanya saja, cara ini hanya berlaku untuk toilet duduk.

  1. Gantungan baju atau hanger berbahan kawat

Cara ini hanya berlaku jika penyebab mampet masih dapat terjangkau. Dengan memotong dan membuatnya lurus, kemudian bungkus ujung kawat itu dengan kain bekas. Lem dengan selotip, setelah dirasa tidak akan lepas, dorong ke dalam toilet hingga penyebab sumbatan masuk ke septic tank. Bilas dengan air.

  1. Garam dan soda

Sebelum mengatasi permasalahan WC mampet dengan garam, pastikan bahwa air di dalam toilet tidak dalam keadaan penuh. Barulah bisa menuangkan 500gr campuran garam dan soda ke dalam toilet, lalu bilas dengan air panas.

Setelah itu, diamkan selama delapan jam. Baru kemudian siram dengan air biasa guna melarutkan apa yang menjadi penyumbat toilet. Jika masih mampet, dorong penyumbat menggunakan tongkat.

  1. Botol plastic

Cara kelima sebelum cara mengatasi WC mampet dengan sabun cuci piring adalah dengan memanfaatkan botol plastik yang sudah tak terpakai. Potong botol bekas sekitar 10 cm dari bagian mulut botol. Letakkan bagian botol yang dipotong ke dalam lubang toilet, lalu tekan lubang toilet guna penyebabnya dapat terdorong ke septic tank.

Untuk mengetahui apakah toilet masih mampet atau tidak, jangan lupa untuk membilasnya dengan air biasa. Selain itu, apabila dirasa masih mampet juga, lakukanlah secara berulang-ulang agar penyebab mampet segera hanyut ke septic tank.

  1. Penyedot WC

Keenam, tentu saja dengan menggunakan alat penyedot WC yang marak dijual secara online maupun offline. Ini bisa dijadikan opsi terakhir setelah menyerah dengan lifehack di atas dan memanggil tukang ledeng.

Pluger alias penyedot WC memang dirancang khusus untuk mengatasi permasalahan tersebut, jadi hanya cukup dipasang ke lubang toilet sebelum menariknya sekuat tenaga. Siram dengan air untuk mengetahui keadaannya, dan lakukan kembali jika dirasa masih bermasalah.

Cara Mengatasi WC Mampet dengan Sabun Cuci Piring

Selain beberapa cara diatas, ada juga cara lain yang lebih mudah dan bahannya pun juga mudah dicari karena setiap hari tentu saja digunakan. Ya, cara mengatasi WC tersumbat dengan sabun cuci piring adalah salah satu yang paling mudah dan juga efisien. Selain itu cara pengaplikasiannya juga lumayan mudah. Dibawah ini adalah step by step untuk mengatasi WC Anda yang mampet:

  1. Tuang cairan sabun ke dalam toilet

Hal pertama dan paling utama dalam mengatasi toilet mampet adalah dengan menuangkan cairan sabun cuci piring ke dalam toilet. Tuangkan cairan sabun cuci piring sekitar 300ml, lalu biarkan selama kurang-lebih 20 menit.

Kenapa harus dibiarkan selama 20 menit? Hal itu ditujukan agar kotoran yang mengendap dan menjadi penyebab tersumbat menjadi hancur, atau setidaknya menyerap sabun sehingga menjadi mudah larut.

Sambil menunggu waktu, masaklah air hingga panas untuk kemudian disiramkan sebagai tindakan selanjutnya.

  1. Siram air panas

Usai menuangkan cairan sabun ke dalam toilet dan membiarkannya selama 20 menit, cara mengatasi WC mampet selanjutnya adalah dengan menyiramkan air panas. Air panas yang dibutuhkan berkisar pada 2-3 liter dan tuangkan secara perlahan-lahan, lalu setelah itu tunggu beberapa saat.

  1. Bilas toilet

Usai dibiarkan selama 10 menit, langkah yang perlu dilakukan berikutnya adalah membilas closet dengan air biasa. Tindakan ini ditujukan untuk melarutkan cairan cuci piring beserta air panas dan kotoran yang menyumbat closet.

Itu dia berbagai cara untuk mengatasi permasalahan toilet mampet. Pada dasarnya, langkah efektif untuk menghindari toilet mampet adalah menghentikan kebiasaan buruk membuang barang ke dalam toilet. Sebab sering kali penyebabnya adalah karena kebiasaan tersebut. Jika beberapa cara diatas masih belum bisa mengatasi permasalahan WC Anda, maka solusi yang paling tepat tentu saja dengan mengundang ahlinya yakni jasa sedot WC.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!