Cara Mengatasi WC Mampet Karena Pembalut

Cara mengatasi WC mampet karena pembalut memang cukup ribet. Pasalnya, ukuran pembalut cukup besar dan bahannya juga tidak mudah larut dengan air. Jangankan pembalut, tisu saja sangat sulit untuk larut dalam air. Terlepas dari produsen yang mengklaim bahwa produknya larut dalam air, tetap saja ada partikel padat yang berkontribusi pada toilet mampet.

Penyebab WC mampet dapat dikelompokkan menjadi 2, yaitu penyebab yang disengaja misalnya benda – benda yang tidak seharusnya dibuang ke dalam lubang WC, dan penyebab yang tidak disengaja seperti septic tank yang penuh, septic tank yang meluap. Pembalut wanita ukuran apapun, alat kontrasepsi dan kapas tidak boleh dibuang ke dalam WC. Tisu toilet pun tidak seharusnya dibuang kedalam WC. Tisu basah yang tidak mencantumkan “flushable” atau padanannya dalam bahasa Indonesia pada kemasannya sebaiknya tidak dibuang ke WC. Tisu basah seperti ini biasanya berupa produk pembersih muka, pembersih alat kemaluan setelah buang air, dan pembersih dudukan toilet.

Fakta Penggunaan Pembalut

Tidak membuang ke dalam toilet adalah cara paling utama yang disarankan oleh penyedia jasa sedot WC pada umumnya. Ada alasan tersendiri untuk hal ini. Menurut statistic, setiap wanita menggunakan sekitar 2.280 hari pada masa menstruasi.  Mereka menggunakan lebih dari belasan ribu pembalut setiap harinya dalam setahun.

Secara global, diperkirakan 100+ miliar produk pembalut dibuang setiap tahun. Mayoritas bahan-bahan tersebut menggunakan plastik dan bahan non-biodegradable lainnya. Intinya, butuh waktu 500-800 tahun untuk dapat menguraikan benda-benda ini. Bagaimana dengan pembalut yang diklaim dapat larut?

Produk-produk tersebut mungkin dapat larut dalam air. Tetapi produk-produk tersebut dapat mencemari saluran air dan juga membahayakan satwa laut. Faktanya, dalam satu hari di tahun 2015, program nonprofit Trash Free Seas di Ocean Conservancy mengumpulkan 27.938 pembalut dan aplikator bekas di seluruh pantai di seluruh dunia. Mengapa? Karena terlalu banyak orang yang masih berpikir tidak apa-apa membuang produk menstruasi bekas, bahkan aplikator, ke toilet

Cara mengatasi WC mampet karena pembalut menjadi hal yang rumit karena fakta-fakta ini. Biasanya, masalah ini terjadi di toilet perkantoran atau tempat umum. Mayoritas rumah tangga di kota besar sudah memahami faktor penting tentang bahayanya membuang pembalut ke WC.  Namun, bagi tempat-tempat umum seperti mal, restoran, dan hotel pastinya akan mengalami tantangan untuk mengedukasi pengunjung.

Ketahui Dulu Alasan Mengapa Pembalut Jangan Sampai Dilarutkan di WC

Faktanya, pembalut model apapun menyumbat pipa saluran pembuangan. Hal ini menyebabkan air limbah yang tidak diolah meluap. Nantinya, luapan ini berakhir di sungai dan saluran air lain. Banyak orang tidak menganggap bahwa produk pembalut dirancang untuk menyerap cairan. Pastinya jika benda ini kena air, mereka tumbuh lebih besar dan tersangkut di pipa ledeng, sehingga menyebabkan penyumbatan serius.

Jangan sampai penghuni rumah abai dengan masalah serius ini.  Memang banyak orang beralasan bahwa pembalut mereka ‘hilang’ setelah disiram air cukup banyak. Namun, mereka tidak berpikir bahwa arus balik limbah kotor akan kembali masuk ke saluran air di rumah Anda. Selain menimbulkan kemampetan, biaya perbaikan juga mahal.

Yang seharusnya masuk di toilet adalah limbah manusia saja, titik. Sedangkan toilet paper masih dapat larut, meski tidak semua produk menjanjikan hal sedemikian.  Hindari sebisa mungkin membuang apapun selain limbah manusia dalam toilet.  Bahkan meski produk tersebut memiliki notifikasi ‘flushable’ atau mudah larut, hal ini tidak dapat dijadikan jaminan.

Buang Pembalut Bekas Dengan Benar

Satu-satunya cara supaya toilet aman dari sumbatan pembalut adalah membuang produk tersebut setelah membungkusnya dengan kertas, atau tisu. Bagi yang tinggal di rumah pribadi, hal ini tentu tidak menjadi masalah. Namun, bagi yang tinggal di rumah kos, pengguna dapat membungkusnya dan memasukkannya di tas kresek untuk dibuang di tempat sampah.

Tentu Anda tidak ingin diam-diam membuang di toilet. Selain memang dapat menyusahkan pemilik rumah, bisa jadi nanti Anda ketahuan. Sebagai gantinya, buang atau masukkan ke dalam kantong khusus yang Anda bawa. Pastikan sudah bersih dan plastiknya sangat erat sehingga dapat Anda bawa pulang untuk dibuang ke tempat sampah Anda sendiri .

Toilet yang tersumbat bukan hanya tidak nyaman, tetapi juga bisa sangat tidak sehat. Berikut adalah beberapa cara melancarkan WC mampet karena pembalut dengan cara yang paling pas:

  1. Jangan terus menerus disiram

Cara mengatasi WC mampet karena pembalut adalah dengan menyiramnya hingga tidak terlihat lagi genangan. Tetapi, Jika toilet tidak mampu menghilangkannya saat awal menyiram, jangan coba menyiramnya lagi. Tindakan ini akan memompa lebih banyak air dari tangki ke atas permukaan. Hal ini menyebabkan ketinggian air meningkat. Biasanya air dalam toilet akan mulai mengalir dengan sendirinya, meskipun sangat lambat.

  1. Air panas

Rebus air hingga mendidih. Tetapi saat disiramkan, temperatur air jangan sampai 100 derajat celcius. Diamkan terlebih dahulu selama tiga menit. Setelah itu, teteskan cairan cuci piring ke toilet lalu perlahan mulai tuangkan air panas ke dalam toilet. Air panas akan melalui beberapa endapan, dan akan melarutkan beberapa hambatan. Selama airnya tidak meluap, proses ini dapat diulang.

  1. Enzim pengurai limbah

Opsi ini digunakan jika penghuni rumah punya lebih dari satu kamar mandi.  Pasalnya, WC harus dibiarkan semalaman setelah dimasuki enzim pengurai limbah. Cara ini kurang efektif untuk sumbatan yang disebabkan oleh pembalut dan benda padat lainya.

  1. Plunger atau alat penyedot

Jika memang pemilik hunian siap untuk membersihkan luapan, maka alat penyedot ini dapat menjadi alternatif tercepat untuk cepat menghilangkan sumbatan. Tetapi, pastikan menggunakan plunger yang tepat. Terkadang, plunger ukuran kecil yang murah tidak mampu menyedot WC dengan cepat dan efektif.

  1. Pipa ular

Alat ini dapat digunakan jika plunger tidak dapat memberikan hasil maksimal. Dengan pipa ular, maka sumbatan dapat segera hilang karena terdorong dari saluran.

  1. Memanggil jasa sedot WC

Jika Anda sudah melakukan cara diatas tetapi WC masih mampet yang harus Anda lakukan adalah memanggil jasa sedot WC, dengan bantuan tukang sedot WC yang sudah berpengalaman menangani WC mampet, diharapkan bisa menuntaskan masalah WC mampet dirumah Anda.

Cara mengatasi WC mampet karena pembalut tersebut diatas tentu dapat dihindarkan sama sekali.  Asalkan pemilik hunian tertib dalam menjaga kebersihan WC dan disiplin dalam membuang pembalut ataupun tisu.  WC bersih dan nyaman, penghuni rumah pun tak akan dipusingkan dengan problem WC tersumbat.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!