Cara Pasang Kloset Duduk

Sekarang ini jenis kloset duduk banyak dipasang di berbagai rumah milenial. Selain praktis untuk digunakan, kloset duduk juga mempunyai model serta desain yang mewah dan modern. Bukan hanya itu saja, kloset duduk juga dianggap lebih nyaman untuk digunakan oleh wanita hamil dan lansia. Dibalik banyaknya keunggulan dari kloset duduk, ternyata cara pasang kloset duduk tidaklah mudah. Namun demikian, kita masih bisa mencoba untuk memasangnya secara mandiri dirumah.

Kloset duduk memang mempunyai keunggulan lebih bersih serta higenis secara tampilan jika dibandingkan dengan kloset jongkok. Dengan demikian, jenis kloset ini sangat cocok untuk di pasang di rumah minimalis dan modern. Dari berbagai keuntungan dari kloset duduk, terdapat sejumlah tips sebelum pemasangan kloset duduk yang sebaiknya dipertimbangkan, antara lain :

–              Mengetahui jenis-jenis kloset duduk

–              Memahami jarak lubang kloset dan dinding

–              Memahami sistem penyiraman kloset

Bagi Anda yang tertarik untuk memasang kloset duduk, berikut beberapa cara pasang kloset duduk yang bisa Anda terapkan dengan praktis dan mudah!

Persiapan Pemasangan Kloset Duduk

Sejumlah persiapan dalam memasang kloset duduk antara lain :

  1. Pembuatan septic tank

Sebaiknya dalam membuat septic tank dilaksanakan jauh-jauh hari sebab bisa merombak banyak hal. Poin-poin yang harus diperhatikan adalah kemiringan pipa, jarak sumber air, kedalaman septic tank dan paralon yang berkualitas.

  1. Pemasangan saluran pipa PVC

Pada tahap ini kita harus memastikan jarak antara lubang dan dinding menggunakan ketentuan yang tepat. Umumnya pipa yang dipakai berukuran 4 inci. Sebaiknya Anda mempersiapkan saluran popa belakang kloset dan pipa pembuangan.

  1. Pemasangan keramik

Tahap ini merupakan proses penutup ketika sudah selesai dalam memasang kloset duduk. Akan tetapi, Anda harus menyisakan area pada sekitar lubang sebagai pemasangan kloset.

  1. Peralatan

Sejumlah peralatan untuk memasang kloset duduk antara lain meteran, obeng, tang, bor listrik, dynabol dengan ukuran 10 mm, gergaji besi, kunci pipa, lem silicon, kunci 10 dan 12 dan kunci inggris.

Cara Pasang Kloset Duduk

Setelah semua persiapan sudah terselesaikan, berikut beberapa langkah yang bisa dilakukan sebagai cara pasang kloset duduk yang praktis dan mudah.

  1. Membuka cover

Langkah pertama adalah dengan membuka cover kloser sesuai dengan panduan seksama. Pada kloset duduk bermerk American Standart, jarak pad dinding belakang dan bagian tengah pipa adalah 30,5 cm.

  1. Membuat lubang pembuangan dan lubang pipa air bersih

Anda bisa membuat lubang pembuangan dan lubang pipa air bersih dengan mengukur lubang pada kloset duduk bermerk American Standard yakni dengan jarak sekitar 14,5 cm. Lalu masukkan baut di kedua titik dan kecangkan menggunakan kunci 12 lalu lepaskan mur.

  1. Memasang wax ring

Selanjutnya pasang wax ring dengan membalik kloset duduk dahulu. Usahakan untuk meminta bantuan orang lain ketika membalikkan kloset supaya lebih mudah serta tidak terjatuh. Cara untuk memasang wax ring yaitu dengan menekan bagian sisi lubang, kemudian pastikan wax ring lengket pada bagian lubang kloset.

  1. Memasang stop kran

Kemudian, pasang bagian yang terletak di belakang kloset antara lain flexible hose, jet shower, T dan stop kran. Kita bisa menggunakan kunci inggris atau kunci pipa supaya bisa kencang dengan maksimal. Adapun untuk kloset duduk bidet, maka pastikan T dipasang terlebih dahulu pada bagian belakang supaya lebih mudah saat pemasangan stop kran.

  1. Memasang kloset duduk

Apabila semua sudah terpasang, maka Anda bisa memasang kloset duduk pada bagian atas lubang pipa yang sebelumnya sudah terpasang baut pada sisi kiri dan kanan. Pastikan lubang pipa di kaki kloset pas dan masuk pada lubang baut. Kemudian, pasang lubang kaki kloset dan baut serta pasang mur dan ring. Kemudian kencangkan menggunakan kunci 12.

  1. Memasang rubber tank

Jika kloset duduk sudah terpasang, kemudian pasang rubber tank yang berguna untuk dudukan rangka dan mencegah kebocoran. Selanjutnya, pasang alat-alat yang terdapat di bagian dalam tank trim. Lalu, hubungkan flexible hose yang terdapat pada T dengan tank trim lalu putar drat pada level kekencangan yang diharapkan. Selain itu, pastikan ketika memasang kloset duduk, Anda mengatur ketinggian air berdasarkan kebutuhan.

  1. Memasang push button dan tutup tangki

Langkah terakhir adalah memasang push button dan tutup tangki pada kloset duduk. Usahakan untuk memasang seat cover dengan benar. Jika semuanya sudah terpasang, Anda bisa melakukan pengecekan di titik yang rawan bocor misalnya flexible hose dan tangki.

Apabila Anda tidak menguasai tentang cara pasang kloset duduk yang benar, sebaiknya jangan ragu untuk menggunakan jasa pasang kloset atau teman, saudara yang sudah berpengalaman. Pasalnya, jika salah dalam memasang kloset duduk dapat memicu permasalahan misalnya kebocoran, baut yang terlalu kencang, pemasangan miring maupun bagian kloset tidak bisa berfungsi dengan baik.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!