Fungsi Pipa Udara Septic Tank

Septic tank (tangki septik) adalah tempat pembuangan kotoran manusia. Septic tank terbuat dari bahan kedap air, tujuannya agar kotoran tidak meresap langsung ke dalam tanah. Kotoran dalam septic tank diberi waktu supaya mengalami proses pembusukan. Gas hasil proses pembusukan kemudian keluar dari pipa udara atau biasa di sebut pipa angin – angin. Pipa udara ini di pasang di atas tutup septic tank, di bagian resapan. Nah apakah fungsi pipa udara septic tank hanya itu saja? Ternyata tidak, masih banyak fungsi pipa udara yang harus diketahui.

Fungsi pipa udara septic tank

Fungsi pipa udara septic tank

5 Fungsi Pipa Udara Septic Tank

Terlihat sepele namun fungsi pipa angin – angin septic tank cukup banyak. Bahkan Anda tidak percaya dengan fungsinya. Berikut merupakan beberapa fungsi pipa udara pada septic tank yang perlu diketahui.

  1. Sebagai penanda posisi septic tank

Bangunan perumahan tentunya dibangun oleh tukang, sehingga pemilik rumah tidak memahami secara betul tentang proses pembangunan. Jika pemilik rumah tidak mengetahui salah satunya tentang septic tank berada, maka pemilik rumah tidak bisa mengatasi kendala saat toilet penuh. Oleh sebab itu, tukang meletakkan pipa udara di septic tank sebagai tanda agar pemilik rumah mengetahuinya. Adanya pipa udara yang terlihat, bisa memudahkan pemilik rumah untuk mengetahuinya serta tidak bingung mencari letak septik tank.

  1. Mengurangi bau di kamar mandi

Saat memasuki kamar mandi biasanya mencium bau yang kurang sedap. Bahkan ketika di toilet Kita tiba-tiba mual, karena bau yang sangat menyengat. Biasanya kamar mandi yang baunya kurang enak, diakibatkan oleh peletakkan limbahnya bergabung menjadi satu dengan septic tank. Untuk meminimalisir bau kurang sedap di kamar mandi sangat mudah. Adanya pipa udara bisa menghilangkan bau yang kurang sedap. Cara kerjanya yaitu bau yang ada di dalam septic tank tidak dialirkan ke saluran kamar mandi namun, bau keluar melalui pipa udara. Udara yang masuk ke dalam kamar mandi menjadi tidak berbau, sehingga kamar mandi Anda tetap bersih dan harum.

  1. Menjaga agar septic tank tidak penuh

Fungsi pipa udara septic tank berikutnya yaitu mencegah supaya septic tank tidak cepat penuh. Bayangkan jika septic tank penuh, Kita akan repot dalam menguras septic tank. Meskipun sudah ada jasa kuras WC, tetapi alangkah baiknya jika Kita lebih hemat dengan memasang pipa udara. Pemasangan pipa udara dapat mencegah septic tank penuh dengan cepat.

  1. Sebagai jalan keluar biogas

Kotoran manusia yang terkumpul pada septik tank bila dibiarkan terlalu lama bisa menghasilkan gas. Biasanya gas dari limbah kotoran manusia disebut dengan biogas. Gas yang dihasilkan harus dikeluarkan melalui pipa udara. Disini pipa udara berperan penting, karena jika tidak ada pipa udara maka biogas tetap berada di dalam septic tank. Kemudian biogas meracuni organisme yang berada di dalamnya. Biogas yang terperangkap dalam septic tank lama kelamaan bisa meledak. Hal ini bisa membuat Anda rugi, karena mengeluarkan biaya perbaikan septic tank.

  1. Sebagai jalan sirkulasi udara

Septic tank dipenuhi oleh mikro organisme yang membutuhkan oksigen. Masuknya oksigen ke dalam septic tank melewati pipa udara. Mikro organisme membutuhkan oksigen supaya dapat hidup lebih lama dan dapat mengurai kotoran yang berada di dalamnya.

Nah itulah fungsi pipa udara septic tank atau biasa disebut pipa angin-angin. Melihat fungsinya ternyata pipa udara begitu penting. Bagi Anda yang ingin membuat toilet dan septic tank, jangan sampai lupa memasang pipa udara supaya septic tank tetap awet selama bertahun-tahun.


1 Comment

Rokim · April 6, 2020 at 9:22 pm

Kayaknya di septic tank rumah saya perlu ini soalnya di septic tank rumah saya gak ada pipa udaranya. Suwon pak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!