Lebih Baik Mana Memakai Pipa Udara Pada Septic tank atau Tidak ?

Pertanyaan yang sering muncul bagi kebanyakan orang adalah lebih baik mana memakai pipa udara pada septic tank atau tidak ? dangan munculnya pertanyaan ini pasti banyak orang yang masih bingung tentang betapa pentingnya pipa udara pada septic tank, Pipa udara pada septic tank selain sebagai saluran udara ternyata punya banyak fungsi lainya di antaranya, mencegah ledakan pada septic tank, membuat septic tank tidak cepat penuh, sebagai saluran pembuangan biogas.

Nah di artikel kali ini kami akan berbagi mengenai pipa udara pada septic tank, tinja atau kotoran manusia yang berada di dalam septic tank dapat menghasilkan Biogas, dan biogas mengandung metana (bahan bakar gas ) kurang lebih 60% dan sekitar 35% karbondioksida (co2)  hal ini yang membuat septic tank bisa meledak jika tidak dilengkapi dengan pipa udara. Di dalam septic tank juga mengandung asam belerang dan amoniak yang menjadi sumber bau tidak sedap pada septic tank.


Dalam sekali kita buang air besar (bab) mampu menghasilkan 1 liter Biogas jika disetarakan dengan listrik 1 liter biogas mampu menyalakan lampu 5 watt selama 1 jam. Biogas ini memang harus segera di keluarkan dari dalam septic tank, oleh karena itu pembuatan pipa udara pada septic tank itu sangatlah penting, apabila biogas yang di hasilkan tidak bisa keluar karena tidak ada pipa udara akibatnya bisa sangat fatal. biogas yang bertambah dan akan menghasilkan ledakan septic tank karena tidak adanya jalan keluar untuk biogas tersebut.

Fungsi Pipa Udara Septic Tank

Fungsi pipa udara septic tank ini juga bisa membuat septic tank kita tidak cepat penuh karena sebagian banyak limbah yang berada di septic tank kita berubah menjadi biogas dan dikeluarkan dalam bentuk gas oleh karena itu banyak septic tank yang bisa bertahan sampai tahunan karena memiliki saluran pipa udara di septic tanknya.

Pembuatan septic tank yang baik dan benar adalah punya 2 (dua) ruang 1 (satu) ruang untuk pengolahan limbah padat dan 1 lagi ruang untuk pengolahan limbah cair. sehingga di ruang ke 2 (dua) limbah cair bisa di resapkan ke tanah oleh karena itu di bagian resapan lebih baik tidak dilakukan pegecoran di dasar septic tank. jarak septic tank juga tidak boleh dekat dengan sumber air idealnya jarak antara septic tank adalah 10 meter dari jarak sumber air, bagi penduduk desa hal ini tidak menjadi masalah karena di desamasih memiliki lahan yang luas untuk menggunakan tipe septic tank ini dengan 2 ruang.

Namun bagi penduduk kota tidak bisa menggunakan tipe septic tank dengan dua ruang ini di karenakan lahan yang terbatas dan pemukiman yang padat hal ini menjadi masalah, oleh karena itu untuk di kota sebaiknya tidak membuat resapan karena akan mencemari sumber air sekitar. boleh kah tidak membuat resapan pada septic tank ? boleh saja namun dampaknya septic tank akan lebih cepat penuh dibandingkan spetic tank yang memakai resapan, oleh sebab itu maka sangat di anjurkan menambahkan pipa saluran udara yang manfaatnya dapat memperpanjang umur septic tank

Untuk septic tank di kota – kota atau pemukiman padat yang tidak memakai resapan di ajurkan melakukan pengurasan septic tank atau sedot WC kurang lebih 1 tahun sekali karena jika tidak di kuras atau di kosongkan dalam waktu yang cukup lama di khawatirkan air limbah yang berada di dalam septic tank akan mencemari sumber air sekitar. dalam hal ini Anda bisa menghubungi jasa sedot WC terdekat di sekitar wilayah tempat tinggal Anda

Nah sekarang sudah jelas bukan ? seberapa pentingnya pembuatan pipa udara pada septic tank. Bagi Anda yang mau membuat septic tank baru jangan lupa untuk memasang pipa udara ini di septic tank Anda atau Anda yang telah memiliki septic tank tetapi septic tank cepat sekali penuh bisa Anda tambahkan pipa udara ini di septic tank lama Anda.

Berikut artikel yang bisa kami sampaikan jika ada salah kata atau penulisan mohon di maklumi dan bila ada pertanyaan bisa Anda tulis di kolom komentar di bagian bawah artikel ini


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!