Memasang Keramik Kloset Jongkok Dan Kloset Duduk

Kamar mandi dan kloset adalah tempat yang wajib untuk diperhatikan. Meskipun kita tidak akan berlama-lama di dalam tempat tersebut, akan tetapi kita perlu menjadikannya nampak indah dan nyaman dipakai. Seperti halnya kloset toilet, kita sebaiknya memasang keramik kloset agar suasana di dalamnya menjadi lebih nyaman. Selain dapat memberikan kenyamanan, pemasangan keramik kloset juga bisa mencegah resiko terjadinya kepeleset sebab dibuat dari bahan khusus.

Permukaan keramik untuk kloset tidak seperti keramik yang biasanya di pasang di lantai rumah. Permukaan keramik kloset tersebut lebih kasar, dengan demikian cocok di gunakan untuk ruangan basah seperti kamar mandi dan kloset. Untuk memasang keramik kloset memang tidaklah mudah, kita harus memperhatikan sejumlah langkah dan menerapkannya dengan tepat.

Langkah-Langkah Dalam Memasang Keramik Kloset

Meskipun Anda tidak memasang keramik untuk kloset secara mandiri, namun Anda harus mengetahui bagaimana cara yang tepat untuk pemasangannya. Hal ini bertujuan agar tidak terjadi kekeliruan dalam memberikan pengarahan saat tukang sedang mengerjakan pemasangan keramik kloset tersebut.

Untuk lebih jelasnya, simak ulasang mengenai pemasangan keramik kloset yang harus Anda ketahui berikut ini!

  1. Mempersiapkan alat-alat yang dibutuhkan

Sebelum pemasangan keramik kloset, pastinya Anda harus mempersiapkan segala peralatan yang diperlukan. Beberapa perlengkapan alat yang harus Anda persiapkan antara lain pemotong keramik, bor listrik, kloset (kloset jongkok atau kloset duduk), meteran ukur, lem silikon, lem rajawali, semen bangunan, pasir dan nat keramik.

Menentukan keramik yang tepat untuk kamar mandi merupakan hal yang sangat penting. Bukan hanya memilih keramik yang indah dipandang, namun kita juga harus memilih jenis keramik yang kesat supaya tidak mudah licin maupun menyebabkan terpeleset.

Sejauh ini, keramik dengan jenis anti slip serta bertekstur menjadi pilihan banyak masyarakat ketika menentukan penggunaan lantai kamar mandi. Anda dapat memilih jenis keramik batu alam dengan warna natural serta bertekstur kasar.

Selain itu, Anda juga bisa memilih keramik yang terbuat dari bahan koral untuk pemilihan warna cerah, keramik tegel dan bertekstur, keramik kecil bergaris agar lantai lebih cepat mengering, keramik motif Moroccan atau motif heksagonal yang kekinian.

Setelah mempersiapkan peralatan yang diperlukan tersebut, berikutnya Anda dapat menentukan berapa jumlah keramik yang diperlukan. Anda bisa menghitung jumlah keramik yang dibutuhkan dengan perkiraan lebar ruangan kloset yang Anda gunakan, lalu dibagi dengan lebar dari keramik yang Anda sediakan.

  1. Keramik pada kloset duduk wajib dipasang terlebih dahulu.

Sebab daerah pemasangan pada kloset duduk sudah dapat diprediksi mengenai jumlah lebar yang diperlukan. Oleh sebab itu, Anda dapat memasang keramik kloset duduk terlebih dahulu tanpa perlu khawatir akan terjadi kekeliruan. Jika keramik sudah selesai dipasang, maka kloset duduk dapat dipasang pada daerah atau tempat yang sudah disiapkan.

AdapunĀ  bagi Anda yang ingin menggunakan kloset jongkok, maka kloset harus dipasang terlebih dahulu. Setelah kloset dipasang dengan benar, barulah Anda bisa memasang keramik untuk kloset tersebut.

Cara pemasangan keramik yang pertama yakni mengaduk pasir, semen dan juga air. Apabila semua bahan sudah tercampur rata, Anda bisa meletakkan pada permukaan yang ingin dipasangi keramik. Selanjutnya, letakkan keramik tepat di atasnya dengan ditekan sedikit supaya keramik bisa rekat. Lakukan langkah ini hingga seluruh area lantai di ruang kloset tertutup dengan lapisan keramik.

  1. Menunggu keramik hingga kering

Sesudah pemasangan selesai pada seluruh lantai kloset, bagian bawah keramik biasanya masih basah. Usahakan untuk tidak menginjaknnya. Pastikan bagian tersebut benar-benar kering untuk melanjutkan langkah pemasangan berikutnya. Minimal biarkan keramik tersebut sekitar semalaman agar benar-benar kering dengan sempurna. Keesokan harinya, Anda dapat menginjak bagian keramik tersebut untuk memulai merapikannya.

  1. Merapikan celah pada keramik

Langkah berikutnya untuk memasang keramik kloset adalah dengan merapikan celah. Umumnya terdapat jarak diantara keramik satu dan keramik yang lain. Hal ini menjadikan penampakan pemasangan keramik terlihat kurang indah. Untuk membuat celah yang ada menjadi lebih rapi, Anda tidak perlu khawatir sebab Anda dapat menutupnya menggunakan nat keramik.

Anda bisa mencampurkan nat keramik dengan semen putih atau lem rajawali, lalu isikan pada setiap celah keramik. Usahakan untuk memastikan langsung membersihkan area keramik setelah memasang nat supaya tidak terlihat kotor nantinya. Sebab jika tidak segera dibersihkan nat akan lengket dan mengering sehingga susah untuk dibersihkan.

Itulah langkah-langkah dalam memasang keramik kloset. Berdasarkan beberapa langkah yang sudah disebutkan, untuk memasang keramik memang tidak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Hanya mereka yang sudah terbiasa dan ahli yang dapat memasang keramik dengan benar. Anda bisa menggunakan jasa tukang untuk pemasangan keramik tersebut.

Dengan berbekal ilmu pemasangan keramik di atas maka Anda bisa memberikan pengarahan pada tukang dengan benar. Semoga bermanfaat!


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!