Mencari Posisi Septic Tank Yang Terkubur

Dimana mencari posisi septic tank yang terkubur? Ya, kloset merupakan kebutuhan wajib bagi setiap hunian. Dan tentunya wajib pula memiliki septic tank sebagai tempat pembuangan limbah kloset yang dihasilkan. Sehingga limbah tersebut tidak dibuang secara sembarangan seperti ke sungai atau sumber mata air lain yang berisiko lingkungan tercemar dan mendatangkan banyak penyakit.

Beberapa permasalahan tak terduga seperti kloset mampat atau tangki septik penuh bisa saja terjadi sewaktu-waktu. Entah disebabkan telah memasuki waktu untuk melakukan pegurasan atau karena tindakan lalai dari pengguna kloset. Walaupun terlihat sepele namun permasalahan tersebut harus segera diselesaikan agar tidak  menimbulkan permasalahan baru.

Cara Mencari Posisi Septic Tank Yang Terkubur

Letak septic tank umumnya berada di bawah lantai atau di halaman taman. Namun di wilayah perkotaan dimana terdapat banyak bangunan seperti gedung perhotelan, gedung perkantoran, rumah, tangki septik seringkali diletakkan di tempat yang tersembunyi dan jauh dari jangkuan.

Sering kali orang lalai dengan membuang benda asing ke dalam closet yang bisa menyebabkan kloset menjadi mampat atau tangki septik cepat penuh. Benda asing selain feses yang dipaksakan masuk ke dalam kloset tidak dapat diuraikan oleh bakteri. Akibatnya akan terjadi penumpukan di dalam tangki dan menyebabkan septic tank meluap. Apabila terjadi permasalahan seperti ini, sudah pasti untuk mengatasinya harus menemukan letak septic tank. Yakni untuk melakukan perbaikan pada saluran atau penyedotan septic tank. Oleh karenanya mengetahui letak tangki septik pada bangunan sangatlah penting.

Tidak mengetahui atau bahkan lupa dimana posisi septic tank tentu akan sangat merepotkan. Mencari dengan sembarangan tanpa tahu tekniknya pun akan menimbulkan permasalahn baru. Namun jangan khawatir, terdapat beberapa cara mencari posisi septic tank yang terkubur yang bisa dilakukan berikut ini.

  1. Langkah pertama untuk cara mencari posisi septic tank yang terkubur adalah dengan mencari saluran udara dari tangki septik. Temukan saluran ventilasi tangki septik di permukaan tanah halaman atau di permukaan dinding bangunan. Untuk lebih mudah mencari, saluran ventilasi umumnya terbuat dari pipa PVC atau paralon yang dibuat sedikit menyembul di permukaan tanah atau mungkin berada di permukaan tembok. Jika lubang ventilasi tersebut sudah ditemukan, maka bisa ditentukan dimana letak dari tangki septik karena secara umumnya tangki berada pada pangkal saluran pipa paralon.
  2. Langkah selanjutnya setelah menemukan pipa ventilasi adalah mencari letak tangki septik. Jika belum juga bisa memukan posisi tangki yang terkubur maka bisa dilakukan penggalian. Lakukan penggalia dengan hati-hati agar nantinya benda tajam yang digunakan tidak sampai terkena saluran pipa tersebut.
  3. Jika sudah menemukan saluran horizontal dari pipa ventilasi septic tank, cara mencari letak septic tank selanjutnya adalah membuat lubang kecil pada pipa. Lalu masukkan besi atau kayu berukuran 6 – 8 mm ke dalam hingga mencapai ujung pipa. Apabila ternyata pipa terlalu panjang atau berbelok. Hal yang dilakukan adalah menggunakan linggis dan besi betoneser dengan dimasukkan ke dalam pipa dan ikuti arah pipa untuk menemukan letak tangki septik berada. Apabila ujung besi basah atau kotor, artinya telah mencapai dalam tangki septik.
  4. Langkah berikutnya adalah bagaimana mencari posisi septic tank bagi orang yang tinggal di perumahan dengan lahan yang terbatas. Sehingga septic tank memang sengaja diletakkan di bawah lantai rumah untuk menghemat lahan.Jika ternyata letak tangki berada dibawah keramik, untuk memastikan letak nya bisa dengan cara mengetuk permukaannya menggunakan linggis. Lantai dengan tangki septik di bawahnya akan menimbulkan bunyi nyaring atau berbeda dengan bagian lantai laninnya.
  5. Mencopot Water Closet dapat dilakukan untuk mencari letak septik tank. Dengan demikian dapat dilihat kemana arah saluran pangkal saluran pipa kloset. Akan tetapi cara ini hanya bisa diparaktikkan pada pengguna closet duduk saja. Sebab untuk mencopot kloset jongkok harus dilakukan pembongkaran kramik di sekitar kloset terlebih dahulu. Sedangkan jika kloset duduk, untuk mencopotnya hanya perlu melepaskan baut atau drat yang terletak di bawah kloset sebelum mengangkatnya.
  6. Terakhir, mencari septic tank yang terkubur dapat dilakukan dengan melihat peta atau denah bangunan gedung dan rumah. Yang mana pasti setiap bangunan memiliki denah masing-masing. Atau jika ingin lebih akurat lagi, bisa bertanya langsung pada kontraktor pembangun gedung untuk bisa lebih cepat menemukan posisi tangki septik.

Demikianlah ulasan tentang beberapa langkah untuk mencari posisi septic tank yang terkubur yang bisa dilakukan. Apabila setelah melakukan langkah-langkah di atas dan belum bisa menemukan letak tangki septik berada, maka langkah terakhir adalah bisa menghubungi jasa penyedot closet untuk membantu menemukan letak tangki.

Mempercayakan permasalahan mencari posisi tangki septik kepada petugas akan lebih praktis juga dapat meminimalisir kemungkinan risiko yang tidak diinginkan. Hindari membuang benda asing pada kloset untuk menghindari masalah kloset mampat atau septic tank penuh.


1 Comment

Budi santoso · January 29, 2021 at 1:31 pm

Pak apa jasa bapak bisa carikan septik tank dirumah saya ? Ini kan saya beli rumah bekas gak ada denah rumahnya juga pipa udaranya juga gak ada pak. Harganya berapa ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!