Penyebab Kloset Berkerak Dan Cara Mencegah Agar Tidak Berkerak

Penyebab kloset berkerak sering kali menjadi masalah dan pertanyaan banyak orang, padahal menurut keterangan pemiliki kloset, kloset yang dimiliki sudah dirawat dengan baik dan selalu dibersihkan bahkan membersihkannya juga sudah menggunakan obat pembersih kloset yang sering muncul di iklan – iklan media masa. Tetapi pada kenyataanya kloset tetap saja berkerak.

Sebelum lebih jauh mengetahui apa saja yang menjadi penyebab kloset berkerak, terlebih dahulu Anda harus tahu dulu karakteristik dari kloset tersebut. Apa saja pendukung sehingga kloset dirumah Anda bisa berkerak. Berikut ini adalah beberapa penyebab terjadinya kerak pada kloset :

  • Kadar air yang mengalir di kloset tersebut mengandung kapur (sumber air dari sumur)
  • Kadar air yang mengalir di kloset tersebut mengandung kaporit yang berlebih (sumber air dari PDAM)
  • Air sabun untuk mandi masuk ke dalam kloset
  • Adanya kebocoran pada tangki air kloset
  • Kloset jarang dibersihkan
  • Kloset jarang dipakai
  • Kloset berlumut
  • Cara penggunaan obat kloset yang salah

Berikut penjelasannya :

  1. Kandungan kapur pada air yang digunakan untuk mengaliri kloset, biasanya zat kapur ini banyak terdapat pada air dari sumur tanah, jika kapur tersebut menempel pada kloset maka lama kelamaan maka kapur tersebut akan semakin banyak dan semakin tebal dan susah untuk di hilangkan, begitu juga dengan kaporit sama juga dengan kapur ini jika kaporit menempel pada kloset lama – lama juga bisa membuat kloset dirumah Anda berkerak, cara mencegahnya adalah selalu membersihkan kloset secara rutin jangan tunggu kloset kotor baru membersihkannya.
  2. Tentu Anda sering melihat kloset yang selalu mengeluarkan air dari tabung tampungan air meski kloset tersebut tidak digunakan. Jika air pada tabung mengandung kapur dan keluar terus menerus mengalir pada permukaan kloset, maka akan cepat menyebabkan timbulnya kerak akibat kapur tersebut.
  3. Tidak jarang, kloset berada pada 1 ruangan dengan tempat mandi. Hal seperti ini menjadi penyebab kloset berkerak dimana posisi kloset menjadi satu dengan area mandi memungkinkan ketika air yang mengandung sabun masuk ke dalam kloset dan biasanya busa sabun ini akan berada pada genangan air kloset dan dalam beberapa waktu busa sabun ini akan menempel dipermukaan kloset dan lama kelamaan akan mengeras dan menjadi kerak.
  4. Benda apapun jika terkena air apalagi sering terkena air, akan mudah ditumbuhi lumut air. Ini juga menjadi penyebab kloset berkerak. Apalagi pada kloset, penggunaanya dalam sehari bisa berkali-kali sehingga kloset akan sering sekali terkena air apalagi tempat kloset bisa dikatakan pada posisi lembab, karena area kamar mandi adalah area lembab, maka lumut akan mudah tumbuh meskipun tidak kelihatan dengan kasat mata, tetapi akan terasa jika permukaan kloset diraba dengan tangan dan akan terasa licin. Jika permukaan kloset sudah terasa licin artinya kloset tersebut sudahdi tumbuhi lumut. Kapur pada air akan mudah menempel pada lumut dan lama kelamaan kapur akan menumpuk menjadi kerak.
  5. Mungkin masih banyak yang berfikir kalau kloset yang tidak digunakan atau jarang dipakai akan tetap bersih dan tidak akan berkerak. Tentu saja itu salah ketika kloset jarang dipakai sudah pasti kloset akan jarang terpantau kondisinya dan juga pasti jarang dibersihkan. Pada prinsipnya jika kloset sudah pernah terkena air maka kloset sudah dipastikan akan ditumbuhi lumut dan hal ini akan menjadi kerak juga.
  6. Penyebab selanjutnya adalah kloset yang jarang dibersihkan, kloset akan kotor karena bekas kapur, bekas sabun, bekas lumut dan lain – lain. Dan sudah pasti akan memicu tumbuhnya kerak pada kloset tersebut.
  7. Penggunaan obat kloset yang salah juga bisa menjadi sebab tumbuhnya kerak pada kloset. Penggunaan obat yang salah menyebabkan kotoran pada kloset tidak bersih sempurna sehingga sisa-sisa kotoran pada kloset akan menjadi kerak kloset.

Bagaimana sudah terbayang kan. mengapa kloset dirumah Anda menjadi berkerak. Penyebab kloset berkerak sudah ketahuan, coba sekarang dicocokkan dengan kebiasaan dirumah Anda, adakah yang sama? Jika ada, segera diperbaiki supaya kloset dirumah Anda terhindar dari kerak.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!