Penyebab WC dan Septic Tank Cepat Penuh

Jika Wc maupun septic tank Anda penuh, apakah yang harus Anda lakukan? Pasti memanggil jasa sedot WC kan? Iya betul, tetapi bagaimana wc atau septic tank yang baru Anda bangun kurang 1 tahun sudah penuh. Septic  tank maupun wc  penuh merupakan hal yang wajar. Nah, artikel ini membahas tentang penyebab wc dan septic tank cepat penuh.

Septic tank maupun wc Anda merupakan sesuatu yang penting dalam suatu rumah, apabila penuh cepat-cepat untuk memanggil jasa sedot wc. Repotnya lagi, Anda ingin ke wc tetapi septic tanknya penuh. Mau tidak mau, harus ke rumah tetangga untuk menumpang ke wc.  Terus apa penyebab wc dan septic tank cepat penuh?

Apa Saja Penyebab WC dan Septic Tank Cepat Penuh?

Adapun penyebab wc dan septic tank cepat penuh adalah sebagai berikut:

  1. Posisinya tidak tepat

Septic tank yang bagus  dipasang pada tempat  yang air tanahnya berada di kedalaman yang jauh. Karena air tanah yang permukaannya  tinggi  akan memperlambat  penguraian bakteri tersebut. Apabila air tanahnya tinggi juga mengakibatkan  penyumbatan apalagi pada musim hujan.

  1. Kurang baiknya Saluran air tersebut

Yang kedua penyebab wc dan septic tank cepat penuh adalah coba sek saluran airnnya hal ini terjadi ketika septic  tank Anda penuh dalam jangka waktu sebentar saja. Jika baik, Saluran air tersebut pasti tidak ada penyumbatan dan septic tank tersalurkan. Apalagi  terjadi pada saat musim hujan. Apabila dipenuhi air, Tanah yang menyerap limbah tersebut berkurang juga.

  1. Karena bakteri pengurainya tidak ada

Bakteri pengurai pada septic tank hilang dikarenakan adanya  pemakaian bahan kimia saat  Anda membersihkan kloset. Memang, kebersihan kloset penting, tapi jika digunakan berlebihan juga bahaya dan berakibat bakteri mati. Jika bakteri pengurai hilang, Anda perlu menaburkan produk untuk menghidupkan bakteri pengurai tersebut. Penghidup bakteri pengurai tersebut beredar luas di pasaran jadi Anda tidak susah payah mencarinya.

  1. Adanya Limbah Manusia

Kadang-kadang manusia menyalahgunakan fungsi sebuah kloset untuk pembuangan sampah seperti tisu atau pembalut. Ini berdampak sampah tersebut tidak dapat terurai.

  1. Pemakaian melebihi ukuran penampungnya

Memang Ukuran septic tank berbeda-beda disesuaikan permintaan pemiliknya. Dan seharusnya disesuaikan dengan jumlah penggunanya di rumah tersebut. Penyebab wc dan septic tank cepat penuh mungkin melebihi ukuran septic tank yang tidak sesuai kuota penampungan. Maka dari itu, bangun septic tank dengan menghitung dulu dengan ideal.

Terus bagaimana apabila wc ataupun septic tank ada bau menyengat. Apalagi baunya sangat mengganggu Kita. Ini beberapa langkah yang bisa dilakukan agar bau septic tank tersebut tidak mengganggu yaitu sebagai berikut: Keringkan wc setelah dipakai, menaruh pewangi ruangan, membuat ventilasi, membuat penampungan septic tank lebih dalam, membuat saluran kotoran dengan lancar, sering membersihkan wc.

Cara mengatasi wc mampet tanpa sedot wc yaitu: bisa dengan garam,soda api, menggunakan sabun cuci piring dan air panas, kombinasi baking soda dan cuka, dan lain-lain. Mungkin cara tersebut dapat Anda pilih apabila wc mampet tanpa harus sedot wc.

Itulah beberapa penyebab wc dan septic tank cepat penuh, langkah-langkah  agar bau septic tidak menyengat, dan beberapa mengatasi wc mampet tanpa sedot wc. Maka dari itu, hindarilah penyebab tersebut agar septic tank maupun wc Anda bertahan lama. Semoga artikel tersebut bermanfaat bagi semua.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!