Amankah Penggunaan Toilet Umum Di Tengah Pandemi Covid – 19? Begini Penjelasannya!

Meski pada saat ini sudah boleh beraktivitas di luar rumah, untuk menghindari penularan virus covid – 19 setiap orang tetap disarankan untuk mematuhi protokol kesehatan dan kebersihan, salah satu cara untuk menghindari tertular virus covid 19 adalah memperhatikan pengunaan dan kebersihan toilet lalu yang menjadi pertanyaan, amankah penggunaan toilet umum di tengah pandemi Covid – 19?

Pemerintah kini sudah melonggarkan masyarakat untuk berkegiatan di luar rumah. Tentunya dengan mengikuti protokol kesehatan yang berlaku, seperti harus selalu memakai masker, mencuci tangan, dan menjaga jarak satu sama lain ketika di luar rumah.

Saat berada di luar rumah pun tentunya ada beberapa hal yang harus diperhatikan, salah satunya adalah kebersihan dari toilet umum. Amankah penggunaan toilet umum di tengah pandemi Covid – 19 atau virus corona ini?

Untuk menjawab pertanyaan tersebut, simak penjelasannya berikut ini!

Penggunaan Toilet Umum di Tengah Pandemi Covid -19

Untuk lebih jelasnya mengenai pertanyaan tersebut simak penjelasan artikel kami ini

Risiko tertular lewat toilet umum

Mengutip dari World of buzz, penelitian yang diterbitkan oleh Harvard Health Publishing, menerangkan bahwa toilet umum dapat menjadi tempat penularan virus covid – 19 ini. Salah satu yang mempengaruhi peluang Anda tertular virus corona dari orang lain adalah kebersihan dari toilet tersebut dan juga durasi lamanya Anda berada di toilet.

Tentunya jika toilet umum yang kurang bersih pastinya kuman dan virus banyak berada di situ seharusnya pada masa pandemi seperti sekarang ini toilet umum harus diperhatikan kebersihanya.

Resiko penularan virus covid 19 bisa sangat rendah, jika kita terlalu dekat dengan orang yang terinfeksi virus corona selama kurang dari 15 menit. Jika lebih dari 15 menit resikonya akan meningkat, terutama untuk orang yang terinfeksi yang mengeluarkan gejala seperti batuk.

Pembilas atau Flush pada toilet umum dianggap sebagai hal utama penyebaran virus.

Pasalnya, kuman dan bakteri yang menempel di permukaan flush dapat menyebar melalui tetesan air kecil di udara.

Maka dari itu konsentrasi aerosol tertinggi juga dapat ditemukan di kamar mandi ketika seseorang sedang membilas toilet menggunakan flush. Ribuan tetesan itu akan berkembang biak di udara ruang toilet dan dengan mudahnya kita hirup.

Perhatikan kebersihan Kloset

Selanjutnya Anda sangat dianjurkan untuk memperhatikan kebersihan toilet umum yang akan Anda gunakan, sebelum menggunakan closet duduk pastikan area dudukannya sudah bersih, jika Anda masih ragu Anda dapat memebersihkannya sendiri dengan tisu kering atau basah. Jika masih dirasa kurang Anda bisa mengunakan tisu kering sebagai pelapis dudukan closet selama Anda menggunakannya.

Selain memperhatikan kebersihan toilet, Anda juga harus menutup closet mengunakan tutup closet ketika hendak menyiram closet mengunakan flush hal ini dilakukan untuk meminimalisir berbagai jenis kuman yang naik ke udara.

Tetap gunakan masker

Melihat berbagai kemungkinan yang dapat terjadi, menggunakan toilet umum di tengah pandemi Covid – 19 ini masih dikategorikan belum terlalu aman.

Namun dengan menjaga kebersihan dan kesehatan tubuh, kita dapat mengurangi penularan virus melalui toilet. Selama berada di dalam toilet pun, sebaiknya tetap memakai masker agar kita tidak menghirup kuman atau bakteri yang terdapat di udara.

Selain itu masker juga bisa menjadi pelindung dari tangan, terutama jika tangan sedang dalam keadaan sangat kotor. Tidak kalah penting usahakan untuk membersihkan tangan dengan hand sanitizer untuk membunuh kuman dan virus yang ada di tangan Anda.

Tetap jaga kesehatan dan kebersihan ya, terutama saat hendak menggunakan toilet umum!

Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk Anda. Jangan lupa baca juga artikel menarik lainya di web site kami ini.

Anda sedang membutuhkan jasa sanitasi, jasa sedot WC, jasa pelancaran saluran mampet ? hubungi kontak kami dan dapatkan rumah yang nyaman terhindari dari masalah sanitasi !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!