Biaya Pembuatan Septic Tank Beserta Rinciannya

Rumah sehat idealnya memiliki closet lengkap dengan tempat pembuangan limbahnya atau septic tank. Tempat pembuangan limbah merupakan sebuah wadah bersekat dan kedap air berbentuk ruang yang diletakkan di bawah tanah. Bak atau wadah ini berguna untuk menampung air limbah dari WC. Sekat pada septic tank dibuat dari dinding beton atau bata sebagai penutup di bagian atasnya. Saat ingin membuat septic tank dirumah, tentu terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan termasuk biaya pembuatan septic tank.

Biaya untuk membuat septic tank sangat relatif, bergantung pada material yang digunakan, desian ukuran dan daerah masing-masing. Untuk daerah dengan kondisi tanah yang tidak rata, kemungkinan biaya yang harus dikeluarkan cukup besar karena harus menata lingkungan dengan tepat terlebih dahulu agar septic tank bisa dibuat.

Rincian Biaya Pembuatan Septic Tank

Terdapat beberapa model dalam pembuatan septic tank yang bisa Anda pilih, mulai dari model konvensional dengan memakai batu bata sampai model modern atau dikenal sebagai septic tank bio. Tentu semuanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Misalnya, membuat septic tank konvensional dengan ukuran 250x120x170. Umumnya ukuran ini bisa menampung pembuangan limbah dengan kapasitas 3-4 orang.

Berikut ini beberapa rincian biaya pembuatan septic tank mulai dari awal pembuatan hingga bisa digunakan.

  1. Batu bata per 1000 buah harga Rp. 750.000,-
  2. Semen kurang lebih 5 sak x Rp. 65.000,- = Rp. 325.000,-
  3. Pasir setara dengan ukuran bak mobil, harganya Rp. 400.000,-
  4. Batu split, harganya Rp. 250.000,-
  5. Baut pembuka (DOP), harganya Rp. 25.000,-
  6. Papan kayu berbahan triplek ukuran 10×2, harganya Rp. 35.000,-
  7. Kayu kasau dengan ukuran 6×4, harganya Rp. 50.000,-
  8. Kawat beton 1 kg, harga Rp. 20.000,-
  9. Satu septic tank kurang lebih memerlukan 5 besi beton dengan diameter 10 mm x Rp. 60.000,- jumlahnya Rp 300.000,-
  10. Upah tukang kurang lebih selama 7 hari pengerjaan x Rp. 100.000,- jumlahnya Rp 700.000,-
  11. Upah pekerja selama 7 hari x Rp. 80.000,- jumlahnya Rp. 560.000,-

Berdasarkan dari total rincian pembuatan septic tank di atas, untuk membuat sebuah septic tank konvensional diperlukan dana sekitar dua jutaan. Namun rincian biaya pembuatan septic tank tersebut hanya kisarannya saja. Biaya pekerja dan harga pembelian material yang disebutkan di atas tentunya sangat relatif, tergantung dengan masing-masing daerah yang Anda tempati.

Namun yang perlu Anda ketahui bahwa sistem dari septic tank konvensional ini kurang ramah lingkungan, sebab belum mempunyai sistem filtrasi. Oleh karena itu, di zaman yang serba modern ini sudah tersedia septic tank bio yang berfungsi mirip seperti septic tank sebagai penampung kotoran dan mempunyai kelebihan yakni mampu memfilter kotoran tinja hingga kotoran yang keluar dari septic tank bio ini sangat ramah lingkungan.

Namun demikian harga untuk pembelian septic tank bio ini memang lebih mahal jika dibandingkan dengan jenis septic tank konvensional. Yang jelas semuanya tergantung pada kebutuhan dan budget Anda masing-masing untuk memilih jenis septic tank untuk dipasang di rumah Anda.

Tips Dalam Membangun Septic Tank

Jika pembuatan septic tank memakai buis beton, ada baiknya jika Anda memiliki ukuran dengan diameter antara 80-100 cm dengan harga Rp 250.000,- sampai Rp 300.000,- per pcs. Bahan ini memiliki kelebihan yakni bisa tahan terhadap tekanan dan berdaya resap tinggi.

Pemakaian material ini memungkinkan kecepatan pengerjaan dan lebih rapi. Dengan demikian, Anda bisa lebih menghemat tenaga dan waktu dibandingkan dengan penggunaan material bata.

Adapun bagi Anda yang ingin memakai septic tank bio yang dibuat dari bahan plastik atau fiber akan jauh lebih ramah lingkungan dan sangat praktis. Pemasangan septic tank ini jauh lebih mudah, lebih efisien begitu pula masalah instalasinya.

Untuk patokan harga dari septic tank bio bervolume 1000 liter bisa menampung 4 sampai 6 orang, dengan harga Rp 4.000.000,- sampai Rp 5.000.000,- per pcs nya. Adapun untuk sebuah septic tank bio dengan volume 500 liter berkapasitas 2 sampai 4 orang mempunyai harga yang lebih terjangkau, yakni Rp 2.000.000,- sampai Rp 3.000.000,-.

Harga septic tank akan berbeda tiap bahannya, volume dan modelnya. Penggunaan bahan yang berkualitas dan besar volume yang bisa ditampung, menjadikan biaya yang harus dikeluarkan untuk memilikinya pun juga cukup mahal. Kendati demikian, harga mahal yang Anda bayarkan akan sebanding denga manfaat besar yang nantinya akan dapatkan.

Nah, itulah artikel mengenai rincian biaya pembuatan septic tank yang bisa Anda jadikan referensi serta memberikan manfaat. Lakukan perencaan untuk pembuatan septic tank dengan matang untuk mendapatkan hasil yang sesuai dengan keinginan Anda.

Bukan hanya mempertimbangkan masalah harga, namun kelebihan sekaligus kekurangan dari masing-masing model untuk pengguna serta dampak lingkungannya.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!