Cara Membersihkan Limbah Catering

Apakah Anda adalah seorang pengusaha catering atau Anda ingin mendirikan usaha catering? Jika memang begitu, sudahkah Anda tahu bagaimana cara membersihkan limbah catering?

Semua limbah baik itu limbah rumah tangga, restoran atau limbah catering semuanya harus ditangani dengan baik. Jika tidak, bisa terjadi pencemaran lingkungan yang tentunya akan berdampak pula pada keadaan air tanah disekitar Anda. Adanya pencemaran ini terjadi karena bakteri mikro organisme yang bertugas sebagai pengurai tidak tumbuh dengan baik karena kurangnya perhatian pada pengolahan limbah. Jika dibiarkan air tanah yang tercemar akan menjadi sarang penyakit mulai dari disentri, kolera, dan lain sebagainya.

Lantas bagaimana cara pengolahan limbah yang baik, khususnya untuk limbah catering? Sebelum beranjak lebih jauh, maka sebelumnya kita harus tahu terlebih dulu macam-macam limbah yang dihasilkan dari usaha catering.

Jenis-jenis Limbah Catering

Dalam usaha makanan seperti restoran atau catering, jenis limbah dibedakan menjadi 4 bagian. Ada limbah organik, anorganik, limbah cair dan minyak. Keempatnya memiliki penanganan sendiri. Dan berikut sedikit ulasannya:

  1. Limbah organik

Yang dimaksudkan dari limbah organik adalah segala limbah padat berupa sisa makanan seperti buah, sayur atau daging. Limbah ini akan terurai lebih mudah karena organisme bakteri yang tumbuh subur didalamnya. Akibat dari proses penguraiannya ini yakni terjadinya pembusukan yang ditandai dengan munculnya bau tidak sedap.

  1. Limbah anorganik

Limbah ini juga termasuk limbah padat, namun memiliki sifat yang tidak mudah terurai. Contoh limbah ini yakni plastik, sterefoam, kertas, dll.

  1. Limbah cair

Limbah yang dimaksud disini yakni limbah yang berasal dari dapur seperti limbah air bekas cucian piring, gelas dan sayur-sayuran. Limbah cair ini harus sering dibersihkan karena jika mengendap bisa menyebabkan bau tidak sedap. Jika dibiarkan maka limbah ini mampu mencemari lingkungan sekitar sehingga diperlukan penangana khusus.

  1. Limbah minyak

Mirip seperti limbah cair, jika limbah ini dibiarkan mengalir di drainase maka besar kemungkinan menyebabkan pencemaran air tanah. Bila limbah ini masuk ke tanah maka pori-pori tanah bisa tertutup sehingga daya serap tanah bisa terganggu.

Diatas adalah beberapa jenis limbah yang dihasilkan dari usaha catering, lantas bagaimana cara membersihkan limbah catering tersebut?

Cara Membersihkan Limbah Catering

Bagi Anda yang memiliki bisnis atau usaha catering, maka pastikan untuk memiliki pengolahan limbah secara mandiri. Adapun beberapa hal yang perlu disiapkan antara lain:

  1. Tempat sampah

Siapkan dua tempat sampah yakni sampah organik dan anorganik. Pilih tempat sampah yang tertutup agar serangga seperti lalat tidak mendatanginya.

  1. Alat penyaringan

Biasanya alat penyaringan ini terletak di tempat cucian piring. Alat penyaringan ini berupa filter berjaring yang digunakan untuk menyaring antara air kotor dengan limbah padat organik. Ingat untuk rutin membersih filter ini secara berkala agar tidak timbul bau tak sedap.

  1. Grease trap

Alat penyaringan ini biasanya terletak di drainase sebelum masuk ke bak pengendap lemak yang berada diluar dapur. Fungsinya yakni untuk memfilter antara minyak dan air dari tempat cuci piring.

  1. Bak pengendap lemak

Biasanya bak pengendap lemak ini dibuat diluar dapur dan dibuat menggunakan dinding bata atau beton. Bak ini bermanfaat untuk mengendapkan limbah minyak yang melewati grease trap. Sebenarnya fungsi dari grease trap dan bak pengendap minyak ini sama, hanya bedanya tempatnya. Jika grease trap diletakkan didalam drainase, maka bak pengendap lemak berada di luar dapur sebelum bak pengolahan air.

Anda bisa membersihkan bak ini secara berkala 1 minggu sekali menggunakan powder khusus yang berfungsi untuk mengikat lemak atau minyak. Setelah terikat, maka minyak akan berubah menjadi gumpalan yang lebih padat sehingga tidak akan terbawa aliran air. Jika bak ini penuh Anda bisa memanggil jasa sedot limbah catering untuk membersihkan limbah catering ini dengan cara menyedot mengunakan alat khusus dan dipindahakan ke dalam tangki mobil, setelah itu limbah akan di buang ke tempat pengolahan limbah.

  1. Bak kontrol

Fungsi dari bak kontrol ini adalah menunjukkan kondisi jika air lemak telah difilter dengan baik di bak pengendap lemak.

  1. Bak pengolahan air

Bak satu ini berfungsi sebagai penampungan air kotor yang telah melewati saringan minyak 2 kali. Bak ini terbuat dari dinding abta atau beton dan biasanya terdiri dari 3 sekat ruang. Ruangan yang pertama digunakan untuk menampung air kotor, kedua berisi pasir, koral dan ijuk sebagai saringan pengendap kotoran atau filter, dan yang ketiga fungsinya sebagai penetral air kotor yang nantinya ditujukan ke sumur resapan.

  1. Sumur resapan air

Fungsi dari sumur resapan yakni sebagai pembuangan air yang telah terfilter sebelumnya. Air yang masuk kesini akan masuk kembali ke dalam tanah dan sudah bersih tanpa adanya sisa kotoran yang mengendap.

Diatas adalah cara membersihkan limbah catering yang baik. Namun sayangnya banyak yang kurang paham dengan proses pengolahan limbah diatas. Seringkali ditemui tempat pembuangan limbah yang dibuat asal-asalan atau bahkan tak jarang yang dibuang sembarangan. Dan karena dibuat dengan asal-asalan maka sering terjadi masalah sumur limbah yang penuh, atau mampet. Jika sudah begini maka solusi terbaik yakni dengan menggunakan jasa sedot limbah catering.

Cara Membersihkan Limbah Catering Yang Penuh Atau Mampet

Jika terjadi masalah terhadap tempat pembuangan limbah catering milik Anda, seperti mampet atau penuh, maka solusi terbaik yakni dengan menggunakan jasa sedot limbah catering. Limbah catering adalah salah satu limbah yang sulit untuk terserap ke tanah, endapan yang tidak diolah dengan baik bisa berdampak pada aliran limbah yang penuh atau mampet. Jika masalah ini terjadi, Anda bisa langsung hubungi kami di nomor 081331449996 – 085785902009.

Kami adalah salah satu jasa sedot limbah yang siap sedia melayani Anda 24 jam penuh. Tak hanya itu, Kami juga memiliki tim yang telah ahli di bidangnya sehingga dijamin pengerjaannya akan jauh lebih cepat, rapi, dan pastinya aman.

Tunggu apa lagi? Simpan kontak Kami dan hubungi langsung jika terjadi masalah pada saluran limbah catering Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!