Cara Mengatasi WC Mampet Dengan Soda Api

Saluran pembuangan closet yang tersumbat merupakan permasalahan yang umum terjadi, namun ada kalanya dapat menjadikan seseorang mengalami kesulitan apabila penyumbatan sudah sampai ke ujung salurannya. Pada kasus-kasus seperti ini biasanya diselesaikan dengan memanggil tukang ledeng. Meskipun bisa menggunakan jasa tukang ledeng, namun cara mengatasi WC mampet dengan soda api bisa dilakukan sendiri untuk membuka bagian saluran supaya tidak tersumbat.

Mayoritas saluran yang tersumbat diakibatkan oleh berbagai benda yang menjadikan saluran tersebut tersumbat, misalnya pembalut, tisu, rambut dan bahan lain yang tanpa sengaja masuk ke dalamnya. Apabila Anda ingin mencari mengatasi WC mampet dengan soda api, artikel kali ini sangat tepat untuk Anda pahami.

Soda Api Memiliki Sifat Korosif

Soda api memiiki nama kimia NaOH (Natrium Hidroksida) yang disebut juga dengan Soda Kaustik atau alkali. Nama soda kaustik ini diambil dari istilah Natrium Hidrat yang kaustik sebab memiliki sifat sangat korosif. Artinya soda ini bisa membuat benda lain menjadi hancur. Karena memiliki sifat yang korosif, unsur soda api ini bisa membantu mengatasi masalah saluran WC yang mampet atau tersumbat.

Soda api mengakibatkan reaksi kimia saat menyentuh bahan organik misalnya kotoran, rambut yang biasanya merupakan sumber penyumbatan pada saluran pembuangan. Soda api juga sangat mudah untuk dilarutkan di dalam air. Pembersih pada saluran WC yang sering Anda jumpai di toko-toko mempunyai konsentrasi lebih tinggi dibandingkan dengan soda api.

Berikut Cara Mengatasi WC Mampet dengan Soda Api

Dalam penggunaannya, tidak terdapat takaran pasti untuk pemakaiannya. Anda bisa mengukurnya dari sebara parah kondisi penyumbatan yang terjadi. Anda bisa memulai menggunakannya sedikit demi sedikit. Berikut ini beberapa cara mengatasi WC mampet dengan soda api !

  1. Gunakan alat keselamatan

Bahan kimia soda api ini mempunyai sifat yang sangat korosif. Hal ini berarti dapat menjadikan benda lain hancur. Apabila bahan kimia ini mengenai kulit Anda maka dapat menyebabkan luka bakar. Oleh sebab itu, pakailah sarung tangan berbahan karet, pelindung mata dan juga masker mulut. Gunakan soda api ini dengan hati-hati atau bila perlu bukalah jendela atau pintu kamar mandi agar debu dari soda api bisa segera terbuang.

  1. Tuangkan soda api

Cara mengatasi WC mampet dengan soda api berikutnya yakni dengan menuangkan soda api secara perlahan sedikit demi sedikit, bisa dengan takaran setengah cangkir dari soda api. Tuangkan bahan kimia tersebut pada lubang WC yang tersumbat memakai sendok berbahan plastik.

  1. Jangan menambahkan air

Tidak perlu menambahkan air sebab pada saluran sudah terdapat cairan yang cukup untuk memancing reaksi dari soda api.

  1. Diamkan 10 menit

Selanjutnya, diamkan selama 10 menit. Anda akan melihat reaksi dari soda api misalnya seperti panas, suara desis dan gelembung-gelembung.

  1. Siram dengan air

Jika sudah 10 menit, siram WC dengan air sebanyak-banyaknya. Jangan menggunakan air panas karena suhu air yang tinggi bisa merusak pipa PVC. Lalu, tes sudahkah WC yang tersumbat kembali lancar? Apabila belum, Anda bisa menambahkan soda api setengah tutup botolnya hingga saluran kembali lancar.

Bahaya Menggunakan Soda Api

Meskipun mudah dan efektif, namun cara mengatasi WC mampet menggunakan soda api ini juga tidak luput dari resiko. Kontak langsung dengan bahan kimia ini bisa menyebabkan sensasi terbakar serta pembengkakan pada kulit dan mata. Efek lain jika tertelan bisa mengakibatkan luka bakar kimiawi dan menjadikan usus besar terluka.

Apabila Anda memutuskan untuk memakai soda api ini, usahakan untuk memakai peralatan pelindung penuh. Selain itu, amankan bahan kimia ini dengan benar serta simpan jauh dari jangkauan anak-anak.

Soda api juga dapat merusak saluran WC, sifat korosif dari soda api bisa membuat saluran WC dari kloset menuju septic tank mengalami kerusakan, oleh karena itu dalam penggunaan soda api untuk mengatasi WC mampet harus Anda lakukan dengan hati – hati dengan takaran yang tepat. karena sudah banyak yang mengalami kejadian ini bukanya WC yang lancar malah WC makin rusak.

Cara Lain Untuk Mengatasi WC Mampet

Apabila Anda dihadapkan pada saluran yang tersumbat, Anda bisa menggunakan cara lain terlebih dahulu sebelum menggunakan soda api.

  1. Gunakan hanger baju berbahan kawat

Potong 1 sisi hanger dan luruskan serta buat kaitan pada ujungnya. Setelah itu masukkan pada saluran, usahakan berada pada sisi saluran supaya tidak mendorong penyumbat untuk semakin jauh. Jika dirasakan ada yang menjanggal, kemudian putar dan tarik hanger tersebut lalu tarik ke atas. Selanjutnya, alirkan air pada pada saluran selama beberapa menit.

  1. Pakai air mendidih

Sediakan 1 lt air mendidih, setelah itu tuangkan air tersebut kedalam mangkuk kloset atau WC secara berlahan. Air panas ini bekerja untuk melarutkan sisa-sisa kotoran feses yang mengendap pada saluran WC yang mungkin merupakan sumber penyumbatan.

Demikian beberapa langkah yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi WC mampet dengan soda api tanpa harus mengundang jasa tukang ledeng. Tips ini harus dilakukan dengan hati-hati karena soda api termasuk bahan kimia yang berbahaya bagi kesehatan dan keselamatan jika digunakan secara sembarangan.


1 Comment

Liana sofie · March 15, 2021 at 4:11 am

Kemaren uda di coba sama suami saya pak. Pakek soda api tapi tetap aja wc dirumah tetap mampet gimana ya pak ?

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!