Cara Menghilangkan Kerak di Closet

Saat mendapati closet yang dipenuhi kerak berwarna kekuningan dan sulit dibersihkan tentu akan membuat rasa kesal. Hal ini tejadi sebab tidak dibersihkan secara rutin, sehingga kerak yang menempel pada kloset akan membadel dan butuh waktu untuk menghilangkannya. Tapi jangan kahwatir masalah tersebut masih bisa diatasi dengan berbagai cara menghilangkan kerak di closet.

Cara Ampuh Menghilangkan Kerak di Closet Jongkok

Meskipun saat ini telah kloset duduk jauh lebih diminati dan digunakan baik di rumah, kantor, hotel, swalayan dan berbagai tempat lainnya. Namun masih ada sebagian orang yang tetap mempertahankan kloset jongkok. Meskipun terlihat tidak modern, kloset ini masih digunakan karena dianggap lebih nyaman. Ada beberapa cara menghilangkan kerak di closet  jongkok yang bisa dilakukan.

  1. Gunakan cairan pembersih kerak

cara menghilangkan kerak di closet jongkok yang pertama adalah dengan menggunakan cairan khusus pembersih kerak. Bahan kimia yang terkandung di dalamnya akan memudahkan dalam mengusir kerak pada kloset. Mendapatkan cairan khusus pembersih kerakpun mudah karena sudah tersedia di toko.

Langkah awal yang harus dilakukan adalah dengan menyiapkan serabut kain yang sering digunakan untuk cuci piring, agar tidak sampai merusak lapisan kloset. Kemudian tuangkan cairan pada kain, lalu oleskan pada kerak. Tunggu beberapa saat dan gosok hingga noda kerak hilang.

  1. Menggunakan sitrun

Sitrun atau citric acid merupakan asam cuka yang berbentuk serbuk dan sering digunakan sebagai pemutih pada pakaian atau  perisa asam pada bahan pengawet. Akan tetapi sitru juga memiliki manfaat untuk menghilangkan kerak pada kloset.

Caranya adalah dengan menggosok kloset dengan sabun kemudian bilas bersih. Selanjutnya taburi permukaan kloset dengan serbuk sitrun dan diamkan selama satu jam. Lalu gosok closet hingga besih dari kerak.

  1. Gunakan cuka

cara menghilangkan kerak di closet selanjutnya adalah dengan menggunakan cuka yang bisa membantu membuat kerak pada kloset melunak.

Langkah membersihkannya yaitu dengan basahi seluruh bagian yang berkerak dengan air terlebih dahulu sebelum menuangkan cuka ke permukaan closet. Diamkan selama setengah jam kemudian gosok dan bilas sampai bersih.

  1. Hilangkan kerak dengan pemutih pakaian

Selain sebagai penghilang noda membandel pada kain,  pemutih pakaian juga bisa dijadikan alternatif untuk membersihkan kerak pada closet. Zat yang terkandung di dalamnya mampu merusak struktur noda yang menempel pada closet.

Cukup tuangkan pemutih pakaian pada permukaan kerak. Tunggu sekitar 10-15 menit sebelum mulai mengosok permukaan closet jongkok, lalu bilas jika dirasa sudah bersih.

  1. Baking soda dan cuka

Salah satu cara menghilangkan kerak di closet  adalah dengan membubuhkan baking soda dan cairan cuka pada noda membandel pada closet.

Cara mengaplikasikannya sangat mudah. Cukup taburkan bubuk baking soda pada permukaan closet yang berkerak pada malam hari dam biarkan sampai pagi. Kemudian siram closet dengan air hingga closet bersih keesokan harinya. Lalu tuangkan cairan cuka dan gosok hingga bersih.

  1. Lemon dan boraks

Cara menghilangkan kerak di closet yang terakhir adalah menggunakan lemon dan boraks. Lemon merupakan buah yang mempunyai banyak manfaat untuk membersihkan berbagai peralatan rumah tangga, termasuk kerak membandel pada closet. Agar closet menjadi kembali putih bersih cukup bersihkan dengan campuran air lemon dan boraks.

Siapkan setidaknya satu cangkir boraks dan tuangkan pada permukaan kerak. lalu siram kembali kloset dengan air perasan dari dua bauh lemon. Tunggu sekitar 20-30 menit. Setelahnya sikat permukaan kloset hingga kerak menghilang dan bilas.

Lakukan cara menghilangkan kerak di closet diatas untuk mendapatkan kembali closet yang bersih. Bersihkan closet secara rutin untuk mendapatkan hasil yang maksimal.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!