Cara Pembuatan Septic Tank dengan Buis Beton

Septic tank merupakan bagian tak terpisahkan dari saluran kloset kamar mandi rumah anda. Septic tank memiliki peran penting ntuk menampung serta menghancurkan kotoran buangan manusia sehingga tidak menyebabkan pencemaran. Cara pembuatan septic tank dengan buis beton dapat menjadi salah satu pilihan untuk anda yang ingin membuat septic tank.

Buis beton sendiri merupakan jenis beton precast yang umumnya berbentuk silinder. Buis beton ini banyak dimanfaatkan untuk membut sumur resapan, gorong-gorong, saluran air, dan tentu saja juga dapat digunakan untuk membuat septic tank. Anda perlu memperhatikan  cara pembuatan septic tank dengan buis beton agar septic tank yang anda buat bekerja dengan baik.

Cara Pembuatan Septic Tank dengan Buis Beton

Bagi anda yang tinggal di kawasan hunian dengan lahan yang relatif sempit, pembuatan septic tank jenis tertutup sangat disarankan menggunakan buis beton. Adapun cara pembuatan septic tank dengan buis beton adalah sebagai berikut.

  1. Menentukan lokasi pembuatan septic tank
    Cara pembuatan septic tank menggunakan buis beton yang pertama adalah menentukan lokasi tempat dibangunnya septic tank. Pembuatan septic tank sebenarnya dapat ditempatkan sesuai keinginan pembuatnya. Namun tentu saja dengan berbagai pertimbangan, seperti jarak dengan sumber air dan lokasi tempat tinggal.
    Bagi anda yang ada di kawasan perkotaan dengan luas hunian yang sempit dapat meletakkan septic tank di bawah kamar mandi atau di dalam area rumah anda. Penempatan septic tank di depan  rumah biasanya menjadi pilihan masyarakat perumahan yang notabennya memiliki lahan terbatas. Sedangkan masyarakat pedesaan kebanyakan akan membangun septic tank nya di belakang rumah.
  2. Membuat galian melingkar
    Setelah memilih tempat pembuatan, selanjutnya adalah menggali secara melingkar dengan diameter serta kedalaman sesuai keinginan. Adapun ukuran standar septic tank adalah 1,5-2,5 m dengan kedalaman lebih kurang 1-3 meter sesuai perkiraan, jangan lupa menyesukaikannya juga dengan diameter buis beton yang akan digunakan.
  3. Memasukkan buis beton ke dalam lubang galian
    Buis beton menjadi komponen utama. Karena ukuran dan massanya yang besar dan berat, pemasangan buis beton ini akan sulit jika hanya dilakukan oleh 1 atau2 orang saja. Pemasangannya buis beton dapat menggunakan katrol dan tuas.
    Cara pembuatan septic tank dengan buis beton biasanya butuh lebih dari satu buis beton untuk melapisi dinding septic tank galian. Jumlahnya  tergantung kedalaman septic tank dan tinggi buis beton yang dibeli. Selanjutnya lakukan pemlesteran dinding septic tank hingga rapat.
  4. Membuat saluran dari kloset ke septic tank
    Cara pembuatan septic tank dengan buis beton untuk pembuatan saluran kloset dapat dilakukan dengan memasang pipa-pipa berukuran cukup besar sehingga saluran pembuangan anda nantinya tidak mudah tersumbat. Sebagai tambahan, sebaiknya saluran pipa yang anda buat juga tidak banyak belokan agar kotoran dapat mengalir tanpa hambatan.
    Sudut kemiringan yang pas juga perlu menjadi perhatian agar kotoran dapat masuk ke dalam saluar septic tank dengan lancar.  Setelah pipa-pipa terpasang, lakukan uji coba apakah saluran pipa tersebut bekerja dengan baik.
  5. Menutup lubang septictank yang sudah jadi
    Tahap terakhir dalam cara pembuatan septic tank dengan buis beton adalah tahap penutupan septic tank. Penutupan dapat dilakuakan menggunakan buis beton jenis piringan dan bila perlu cor  beton permukaan tanahnya ±12 cm untuk mengantisipasi kebocoran atau rembesan. Jangan lupa menambahkan pipa udara untuk sirkulasi udara septic tank buatan anda.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!