Ciri – Ciri Septic Tank Penuh

Pernahkah Anda mencium bau tidak sedap yang menguap di daerah sekitar rumah? Bisa jadi, hal ini merupakan salah satu ciri – ciri septic tank penuh. Untuk mengatasinya, maka Anda perlu memanggil jasa sedot WC agar Anda tidak lagi terganggu kenyamanannya saat beraktivitas di rumah.

Bagi Anda yang belum mengetahui apa saja tanda  septic tank penuh, maka perlu mengetahui beberapa ciri utamanya. Ciri – ciri ini umumnya dapat diketahui dengan mudah. Jangan khawatir karena Anda bisa mengetahui ciri – ciri selengkapnya di bawah ini!

Ketahui Apa Saja Ciri – Ciri Septic Tank Penuh

Beberapa poin berikut merupakan ciri – ciri septic tank penuh:

  1. Air yang menyusut pada mangkuk toilet

Ciri pertama jika septic tank sudah penuh adalah timbulnya penyusutan pada genangan air dalam mangkuk toilet. Anda bisa mengeceknya dengan menyiram kloset menggunakan seember air. Kemudian lihatlah apakah terjadi perubahan pada genangan air yang ada. Jika terdapat air yang menyusut atau berkurang secara perlahan, maka hal ini dapat dipastikan bahwa septic tank sudah penuh.

Untuk mengatasi hal ini, maka Anda perlu memanggil jasa sedot WC terdekat. Hal ini tak lain agar keberadaan septic tank yang penuh tersebut bisa teratasi dengan cepat.

  1. Saluran air yang lambat

Ciri selanjutnya yang mengindikasikan bahwa septic tank sudah penuh adalah saluran air bergerak dengan lambat. Terlebih jika Anda sudah melakukan beberapa hal, seperti pemberian air panas, soda api dan lain sebagainya namun kondisi air tidak kunjung lancar. Hal ini bisa jadi menandakan bahwa septic tank Anda sudah penuh.

Untuk memastikannya, maka Anda perlu melakukan pengecekan pada septic tank lebih lanjut. Jika berbagai upaya sudah Anda lakukan namun tetap saja hasilnya nihil, maka Anda bisa menyerahkannya langsung kepada ahlinya. Yakni siapa lagi kalau bukan jasa sedot WC.

  1. Terdapat kotoran yang muncul di dalam kloset

Jika di suatu waktu Anda menjumpai tinja ataupun kotoran yang mengapung dalam kloset, maka bisa jadi hal ini adalah tanda septic tank sudah penuh. Terlebih jika belum ada yang memakai toilet tersebut. Itulah mengapa  kototan tidak dapat tertampung dengan baik dalam saluran pembuangan. Yang ada hanyalah kotoran atau tinja yang mengapung dalam kloset.

  1. Aroma yang tidak sedap mulai tercium

Septic tank yang baik tentu saja akan dilengkapi dengan pipa saluran ventilasi udara. Pipa inilah yang berfungsi dalam memberikan ruang oksigen yang diperlukan oleh bakteri pengurai untuk berkembang biak. Pipa ini juga berguna sebagai jalan untuk mengeluarkan sisa pengolahan limbah yang berbentuk gas.

Apabila Anda menjumpai udara yang keluar dari saluran pipa tersebut dengan bau yang sangat busuk dan berbeda dari biasanya, maka hal ini berarti isi dalam septic tank tersebut sudah terlalu banyak. Hal ini juga sekaligus menjadi ciri bahwa septic tank yang Anda miliki sudah penuh.

Dengan begitu, besar kemungkinan Anda memerlukan jasa sedot WC yang memang sudah profesional dan berpengalaman. Sebagai bahan pertimbangan, jika Anda mendapati septic tank yang cepat penuh bisa jadi hal ini akibat dari kesalahan pembuatan septic tank yang kurang tepat.

Untuk itu, sangat penting sekali dalam memperhatikan perawatan septic tank agar tidak cepat penuh. Hal ini juga demi berjalan lancarnya pengolahan limbah oleh bakteri pengurai.

Beberapa poin di atas merupakan ciri-ciri septic tank penuh yang bisa Anda ketahui. Hal ini bisa Anda lakukan di rumah demi meminimalisir kesalahan saat menggali jasa sedot WC yang diperlukan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!