Kebiasaan Di Kamar Mandi Yang Tidak Sehat Dan Harus Dihindari

Kita semua pasti setuju jika kamar mandi merupakan salah satu ruangan di dalam rumah yang rawan kotor. Jika tak rutin merawat dan membersihkannya, bisa – bisa kamar mandi menimbulkan bau tak sedap dan tidak enak untuk di pandang, jika sudah begini tentu Anda akan merasa malas untuk menggunakan kamar mandi tersebut bukan ?

Kebersihan kamar mandi juga berpengaruh kepada kesehatan Anda dan keluarga Anda. sayangnya tanpa disadari Anda sering melakukan hal – hal yang mengancam kesehatan kamar mandi. Sekilas saja saat melakukan kebiasaan tersebut mungkin Anda tak merasa hal itu jorok atau tidak baik. Padahal kebiasaan di kamar mandi yang tidak sehat dan harus di hindari supaya Anda beserta keluarga Anda tetap sehat.

Hal Yang Tak Boleh Dilakukan Di Kamar Mandi

Tanpa disadari ternyata ada beberapa kebiasaan di kamar mandi yang sebenarnya tidak boleh dilakukan. Apa saja? Perhatikan di bawah ini!

  1. Meletakkan sikat gigi dekat toilet

Anda sering meletakkan sikat gigi dekat dengan toilet ? sebaiknya mulai sekarang pindahkan wadah tempat gigi Anda ke tempat yang jauh dari toilet! simpanlah sikat gigi paling tidak empat kaki lebih jauh dari toilet, jika terlalu dekat sikat gigi bisa terkena cipratan air atau urine dari toilet!

Simpanlah sikat gigi di tempat yang kering dan terpisah dari sikat gigi lainya. Lebih baik lagi jika terdapat cabinet atau rak khusus untuk menyimpan sikat gigi agar lebih higenis dan rapi.

  1. Tidak membersihkan sikat gigi

Kebiasaan di kamar mandi yang tidak sehat selanjutnya adalah tidak membersihkan sikat gigi. Menurut penelitian terdapat jutaan kuman yang bersarang di sikat gigi, termasuk E coli, sayangnya masih banyak orang yang sering lupa untuk membersihkan sikat gigi dengan benar. Mulai sekarang hentikan kebiasaan itu bersihkan sikat gigi di bawah air mengalir setelah memakainya.

Jangan lupa untuk menganti sikat gigi maksimal 2 bulan sekali agar tetap higenis.

  1. Terlalu lama duduk di toilet

Kebiasaan di kamar mandi yang satu ini sepertinya setiap orang sering melakukannya. Yaitu duduk di toilet sambil baca buku atau bermain handphone terlalu lama! Duduk terlalu lama di toilet sangat tidak baik untuk kesehatan posisi duduk yang menghasilkan tekanan pada vena di rectum bawah dapat mengakibatkan penyakit wasir.

Kalau sudah parah penyakit wasir ini bisa sangat menyakitkan, jadi mulai sekarang jangan terlalu lama duduk di toilet.

  1. Membersihkan muka dengan handuk bekas pakai

Membersihkan muka dengan handuk memang kebiasaan yang baik supaya muka tetap bersih dan segar yang menjadi masalah adalah ketika Anda membersihkan muka dengan handuk bekas pakai mandi. Handuk bekas pakai bisa menjadi tempat yang sempurna untuk bakteri berkembang biak, apalagi jika handuk dalam keadaan basah.

Mulai sekarang ubah kebiasaan mencuci muka dengan handuk bekas pakai. Pakailah handuk khusus untuk cuci muka.

  1. Tidak membilas sabun batang

Sebagian orang lebih memilih menggunakan sabun batang dibanding sabun cair. Namun, tak sedikit yang lupa bahwa banyak bakteri bisa menempel pada permukaan sabun batang.

Agar selalu higienis, sebaiknya bilaslah sabun batang sebelum menggunakannya dengan air mengalir. Lalu, simpanlah sabun batang di tempat kering serta jauh dari cipratan air sehingga tak lembap.

  1. Menyimpan handuk basah di kamar mandi

Apakah Anda suka menggantung handuk yang masih basah dikamar mandi ? jika Anda masih sering melakukannya lebih baik hentikan dari sekarang! menggantung handuk basah di kamar mandi sama saja seperti ‘beternak jamur’. Apalagi, banyak sisa-sisa kulit mati kita yang tersangkut di bulu halus handuk.

Suhu kamar mandi yang lembap dan sisa kulit mati, menjadi tempat sempurna untuk tumbuhnya bakteri dan kuman. Selain itu handuk bekas pakai yang lembap biasanya juga mengeluarkan bau tak sedap.

Belum lagi jika Anda menggantungnya dekat dengan toilet. Bisa-bisa, residu cipratan air toilet mengenai handuk, lalu Anda tanpa sadar menggunakannya untuk mengelap tubuh bahkan muka. Sangat tidak sehat bukan!

  1. Menyiram toilet tanpa ditutup

Anda sering menyiram toilet tanpa ditutup ? sebaiknaya kebiasaan di kamar mandi yang tidak sehat ini harus segera Anda hentikan! Pasalnya menurut penelitian urine dan feses di toilet bisa terbang hingga 6 kaki atau 1,8 meter saat Anda menyiramnya.

Oleh karena itu tutuplah toilet saat Anda hendak menyiramnya! Jangan sampai partikel dan juga bakteri di toilet mental keluar dan kena sekitarnya.

  1. Tidak membersihkan dudukan toilet

Kebiasaan di kamar mandi yang tak boleh dilakukan ini tidak hanya berlaku di rumah, tapi juga pada toilet umum. Sebelum Anda menggunakannya, bersihkanlah dulu dudukan toilet dengan tisu hingga kering.

Setelah menggunakannya, alangkah baiknya jika Anda tak membiarkannya dalam keadaan basah. Dudukan toilet mengandung banyak bakteri dan kuman, apalagi jika banyak orang yang menggunakannya.

Agar lebih aman lagi, Anda bisa menutupi dudukan toilet dengan tisu seperti gambar di atas. Dengan begini, kuli tak akan bersentuhan langsung dengan dudukan kloset dan lebih bersih. Ingat setelah menggunakan tisu buang tisu tersebut ke tempat sampah jangan membuangnya ke dalam toilet.

  1. Membuang tisu ke toilet

Kebiasaan di kamar mandi yang satu ini juga jangan diabaikan. Perlu diketahui, meskipun itu tisu toilet jangan pernah membuangnya ke dalam lubang closet!

Jika kebiasaan ini terus dilakukan bisa-bisa toilet bisa tersumbat, tisu yang dibuang kedalam lubang closet lama – kelamaan akan menumpuk pada saluran closet dan mengakibatkan sumbatan.

Nah, sekarang sudah tahu kan, kebiasaan di kamar mandi yang tidak sehat dan harus dihindari. Jika Anda sering melakukan salah satunya, hentikan kebiasaan tersebut mulai dari sekarang!

Apakah ada kebiasaan jelek lain di toilet yang Anda ketahui? Silakan bisa ditulis di kolom komentar.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!