Kenapa WC Cepat Penuh?

Banyak orang yang tidak peduli akan adanya tempat pembuangan limbah seperti septic tank. Hal ini menyebabkan meluapnya cairan ke WC, karena hampir setiap hari Anda membuang kotoran ke dalam tempat ini. Namun, jika Anda menemukan indikasi tempat pembuangan ini penuh dalam jangka waktu kurang dari satu tahun, maka Anda perlu mewaspadainya. Kira – kira kenapa WC cepat penuh? Berikut penjelasannya.

6 Penyebab WC Cepat Penuh Yang Harus Anda Tahu
  1. Tidak adanya saluran pembuangan gas yang menyebabkan proses penguraian limbah terhambat

Jika Anda memiliki WC yang memiliki aroma yang menyengat, kemungkinan ada masalah pada septic tank yang ada di rumah. Hal tersebut dapat mengganggu kenyamanan Anda dan penghuni rumah saat akan menggunakan kamar mandi. Tentu saja Anda harus mengetahui kenapa kondisi tersebut terjadi pada WC kamar mandi. Sebenarnya, aroma busuk beserta air yang penuh muncul ke permukaan akibat saluran pembuangannya.

Alasan utama kenapa tempat pembuangan tinja menjadi penuh dikarenakan saluran gas yang tertutup. Hal ini membuat proses penguraian limbah jadi lebih lama. Selain menimbulkan sumbatan, tidak adanya saluran pembuangan gas juga dapat memicu ledakan septic tank. Maka dari itu, Anda perlu membuat ventilasi pada tempat pembuangan limbah ini agar gas bisa keluar masuk dengan baik.

  1. Posisi pembangunan septic tank yang kurang ideal

Jika Anda bingung kenapa WC cepat penuh? Salah satu jawabannya adalah pembangunan yang kurang tepat. Septic tank idealnya dibuat di lokasi yang mengandung air tanah dengan kedalaman tertentu. Semakin tinggi permukaan air tanah pada suatu area, maka semakin menghambat proses penguraian limbah. Apalagi ketika musim hujan, maka daya penguraian cenderung menurun, sehingga dapat menyebabkan penumpukan limbah.

Untuk itu, penting merencanakan pembangunan dengan matang. Sehingga permasalahan seperti tangki yang cepat penuh tidak akan terjadi dikemudian hari. Anda bisa membayangkan jika musim hujan datang dan konstruksi dari pembuangan limbah dibangun secara sembarangan. Tentunya masalah seperti WC penuh tidak akan terhindar dan akan mengeluarkan bau yang kurang sedap.

  1. Daya tampung septic tank tidak sesuai dengan penghuni bangunan

Selain posisi pembanguna yang kurang tepat ada juga penyebab lainnya yakni Kapasitas septic tank yang ada di rumah Anda tidak dibuat sesuai dengan jumlah penghuni rumah. Akibatnya, septic tank akan cepat penuh dan membuat WC Anda tersumbat. Selain itu, hal ini dapat menyebabkan meluapnya cairan limbah ke toilet. Jika masih belum menemukan jawaban kenapa WC cepat penuh? Maka masih ada penyebab lainnya yang harus Anda perhatikan.

  1. Kurangnya bakteri penguraian limbah yang menyebabkan cairan penuh ke wc

Selain faktor tersebut, bisa jadi penyebab lainnya adalah kurangnya bakteri pengurai pada tanki yang ada di pembuangan limbah. Bakteri di sini berperan penting sebagai pengurai yang bisa mengubah wujud limbah. Jika bakteri yang ada di septic tank sedikit, maka proses penguraiannya pun akan menjadi lambat. Selain itu, hindari bahan kimia atau sabun antibakteri untuk membersihkan closet.

  1. Kebiasaan membuang sampah ke wc yang membuat penuh

Penyebab selanjutnya yang bisa Anda kenali adalah sampah yang ada di dalam closet. Anda perlu mempertanyakan apakah Anda mempunyai kebiasaan buang sampah di WC. Jika demikian, maka hentikan tindakan ini untuk kurangi masalah pada tangki penampungan limbah dari tinja. Sampah ini bisa berupa logam, tisu, rambut, karet, hingga bekas pembalut wanita.

Khususnya untuk wanita, ada baiknya Anda tidak membuang pembalut ke dalam closet. Pasalnya bisa menyebabkan sumbatan yang serius dan berujung penuhnya WC. Kenapa WC cepat penuh? Hal ini dikarenakan sampah yang membuat sumbatan lubang closet sehingga tinja tidak dapat tersiram dengan baik dan malah memperburuk keadaan yang ada di dalam septic tank.

  1. Melakukan penyedotan septic tank yang berlebihan

Kesalahan berikutnya yang membuat WC Anda cepat penuh adalah penyedotan septic tank sampai habis. Memang langkah ini bisa membuat pembuangan limbah Anda jadi lebih bersih dan terkesan tuntas, namun dengan cara ini membuat bakteri pengurai berkurang drastis dan pada akhirnya membutuhkan waktu yang cukup lama untuk bisa melakukan tugasnya seperti sedia kala.

Pembersihan atau pengurasan secara rutin menjadi hal  yang wajib Anda lakukan untuk mencegah septic tank penuh. Akan tetapi jika terlalu berlebihan, maka akan berdampak buruk.  Begitu juga sebaliknya, septic tank yang jarang disedot akan mengakibatkan sumbatan dan aroma yang kurang sedap. Lebih parahnya lagi, berisiko mampet. Jadi, sudahkah Anda tahu jawaban akan kenapa WC cepat penuh?

Demikianlah enam faktor penyebab WC Anda bisa cepat penuh. Semua terjadi karena kebiasaan yang Anda buat, seperti sering membuang sampah di closet. Selain itu, closet yang penuh juga dikarenakan permasalahan yang ada di dalam septic tank. Salah satu hal yang perlu digaris bawahi adalah tanki yang belum terurai sempurna akan menyebabkan kondisi yang tidak diinginkan.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!