Mengatasi Septic Tank Penuh Air

Pernahkah kamu mengalami masalah yang berhubungan dengan toilet? Jika pernah, tentu sangat menyebalkan bukan? Biasanya, masalah yang terjadi di toilet hanyalah seputar saluran air atau septic tank. Nah, untuk opsi kedua ini tentu super duper ribet dan menyebalkan. Terutama bila kamu mengalami kendala ini untuk pertama kalinya.

Mengatasi septic tank penuh air

Mengatasi septic tank penuh air

Namun, kamu tidak perlu khawatir lagi setelah membaca hingga tuntas artikel ini. Sebab menurut riset, hanya ada dua kemungkinan yang menjadi masalah pada septic tank, yakni penuh atau tersumbat. Dan untuk memecahkan masalah tersebut, berikut adalah rangkuman

Cara Mengatasi Septic Tank Penuh Air

Sebelum melanjutkan pembahasan pada solusinya, alangkah lebih baik jika kita terlebih dahulu mengetahui cara membedakan masalah septic tank penuh atau hanya tersumbat. Hal paling mudah mengetahuinya adalah memperhatikan ketika menyiram air pada lubang kloset.

Tentu akan terjadi dua kemungkinan; pertama mengalir secara pelan namun tidak kunjung menghilangkan kotoran. Bahkan jika kamu sudah menghabiskan beberapa ember air dan memerlukan waktu cukup lama untuk membersihkannya karena tetap mengalir pelan, itu merupakan isyarat bahwa septic tank kamu penuh oleh benda-benda yang dibuang lewat kloset dan tidak dapat terurai.

Selain karena benda-benda padat, septic tank penuh oleh air juga menjadi kemungkinan yang besar apabila di sekitar septic tank terdapat banyak genangan air. Terlebih ketika musim hujan tiba. Sementara kemungkinan yang kedua adalah kotoran dan air sama sekali tidak mengalir. Hal itu menandakan bahwa septic tank kamu tersumbat. Berikut solusinya;

  1. Gunakan bahan penumbuh bakteri
    Mengatasi septic tank penuh air yang pertama adalah menggunakan bahan organik. Bahan organik sendiri bisa kamu dapatkan dengan mudah karena keberadaannya sudah beredar banyak di pasaran. Bahkan kamu dapat memilih sendiri sesuai yang kamu butuhkan.
    Bahan penumbuh bakteri yang sudah kamu siapkan dapat langsung ditaburkan ke dalam lubang kloset atau ke dalam septic tank kamu. Obat penumbuh bakteri tersebut akan bekerja dengan menguraikan kotoran sehingga septic tank kamu tidak lagi penuh. Namun, ada baiknya kamu juga mengikuti petunjuk penggunaan obat tersebut pada kemasannya.
  2. Dengan natrium hidroksida
    Cara kedua adalah dengan menggunakan soda api atau natrium hidroksida. Meskipun sebenarnya soda api sama saja dengan bahan penumbuh bakteri yang kerap dijadikan solusi septic tank penuh atau mampet.
    Namun bedanya, soda api ini jauh lebih aman untuk digunakan dalam mengatasi permasalahan septic tank. Sebab nitrogen hidroksida akan langsung bereaksi apabila terkena air, dan akan mengahsilkan gelembung-gelembung yang mempercepat proses penguraian kotoran atau benda-benda yang bersifat organik.
  3. Manfaatkan liquid anti sumbat
    Cara mengatasi septic tank penuh air yang berikutnya adalah dengan menggunakan cairan yang berfungsi anti sumbat. Cara menggunakannya cukup mudah, kamu hanya tinggal menuangkannya ke lubang kloset lalu diamkan selama kurang lebih lima menit. Kemudian siram dengan air hingga larut.
  4. Memanggil tukang
    Cara keempat mengatasi septic tank penuh air adalah memanggil tukang sedot WC. Menggunakan layanan penyedia jasa sedot WC tentu saja merupakan cara yang paling praktis, sebab kamu tinggal menghubunginya via telepon. Hanya saja, menggunakan alternatif ini tentu membutuhkan biaya yang lebih dari ketiga cara di atas.

Nah, itu dia solusi untuk permasalahan seputar toilet mampet dan septic tank yang sebenarnya bisa dilakukan oleh perorangan. Namun untuk opsi cepat dan praktis, kamu hanya perlu memangil tukang sedot WC saja.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!