Penyebab WC Mampet

WC mampet menjadi masalah yang cukup meresahkan di rumah. Bagaimana tidak, ketika WC mampet maka menyiram atau menekan tombol flush usai buang air kecil dan besar tidak akan berhasil mebersihkannya. Jika dibiarkan begitu saja, tentu limbah yang tidak masuk ke septic tank akan mengeluarkan bau yang tidak sedap di dalam ruangan. Terdapat beberapa penyebab WC mampet dan cara mengatasinya yakni, sebagai berikut.

Apa Saja Yang Jadi Penyebab WC Mampet?

Penyebab mampetnya WC umumnya adalah kebiasaan membuang benda asing selain limbah manusia ke dalam lubang WC. Di kamar mandi umum selalu dipasang tulisan yang berisi himbauan untuk menjaga kebersihan dan tidak membuang benda ke dalam WC. Benda asing tersebut berupa pembalut, tisu, dental floss, dan popok bayi bisa menjadi penghambat saluran pembuangan. Sebab mereka tidak mampu larut dalam air.

Tidak hanya di tempat umum, di rumah pun benda-benda tersebut menjadi penyebab utama terjadinya kemampetan pada WC. Selain itu, anak-anak juga perlu didampingi saat pergi ke kamar mandi, karena mereka bisa saja memasukkan berbagai benda asing lainnya seperti mainan atau plastik ke dalam lubang kloset.

Cara Mengatasi WC Yang Mampet

WC mampet mungkin terlihat sepele, namun akan menjadi masalah besar jika terjadi pada saat ingin buang air yang tidak tertahankan. Maka dari itu, usai membahas tentang penyebab WC mampet, selanjutnya akan dibahas bagaimana cara mengatasi WC mampet.

Di bawah ini ada beberapa cara ampuh yang bisa dilakukan secara mandiri di rumah. Mengatasi WC mampet akan lebih low budget karena tidak harus memanfaatkan jasa pelancar saluran mampet.

  1. Sabun dan air panas

Untuk mengatasi masalah WC yang mampet ternyata bisa dengan bahan yang ada di rumah seperti sabun cuci piring dan air panas. Langkah yang harus dilakukan juga sangat mudah.

Sediakan kurang lebih satu gelas sabun pencuci piring cair dan air panas secukupnya. Kemudian masukkan cairan sabun ke dalam lubang kloset dan diamkan selama beberapa menit hingga sabun mengendap. Selama menunggu proses pengendapan tersebut, pipa saluran akan menjadi licin sehingga mempermudah benda penyumbat mengalir ke tangki septik.

Lalu siram kloset dengan air panas secara perlahan dan pastikan airnya tidak sampai keluar kloset. Diamkan kembali selama kurang lebih 20 menit sebelum menyiramnya dengan air dingin.

  1. Cuka dan baking soda

Jika cara pertama tidak berhasil maka coba dengan cara kedua yakni, menggunakan campuran cairan cuka dan baking soda.

Caranya adalah siapkan satu cup baking soda dan taburkan pada permukaan air dalam kloset. Biarkan selama beberapa menit. Setelah bubuk baking soda mengendap bersama air dalam WC cukup lama, tambahkan dua cup cuka.

Reaksi antara kedua bahan itu akan menghasilkan gelembung dan pastikan gelembung tersebut tidak sampai tumpah ke luar kloset. Biarkan campuran baking soda dan cuka selama kurang lebih satu jam, baru setelahnya siram dengan air.

Jika hal ini tidak berhasil, ulang langkah-langkah di atasdari awal. Diamkan lebih lama, atau biarkan mengendap selama satu malam dan siram dengan air keesokan harinya.

  1. Gantungan baju

Selain bahan-bahan di atas, ternyata salah satu benda yang berguna untuk mengatasi WC yang mampet adalah gantungan baju berbahan kawat. Namun kelemahan dari cara ini hanya bisa mengatasi penyebab WC mampet tidak sampai dalam menjangkau saluran.

Hal yang harus dilakukan adalah memotong kawat gantungan baju dan membuatkan menjadi satu garis lurus. Lipat kain sebagai pembungkus salah satu ujung tajam kawat, lekatkan kain pada kawat menggunakan selotip.

Masukkan ujung kawat yang sudah dilapisi kain ke dalam lubang WC. Lalu perlahan dorong benda yang menyumbat saluran air sampai aliran kembali lancar. Setelah dirasa benda tidak menyumbat, tarik kawat dan siram lubang WC untuk memeriksa apakah salurang masih mampet.

Cara Menghindari WC Mampet

Melakukan pencegahan sangat baik dilakukan untuk menghindari  hal-hal yang tidak diinginkan seperti penyumbatan pada WC. Jika sudah terlanjur mengalami WC mampet, cara ini dapat dilakukan sebagai upaya mencegah masalah tersebut agar tidak kembali terjadi.

Berikut adalah cara menghindari WC mampet.

  1. Jangan membuang benda asing yang terbuat dari plastik ke dalam lubang kloset. Sampah plastik yang berasal dari bungkus shampo atau detergen dan sabun mandi. Mungkin potongan benda itu terlihat kecil namun jika dilakukan terus menerus maka akan menjadi penyebab Wc mampet juga. Jadi buanglah sampah pada tempat yang sudah disediakan di dalam kamar mandi.
  2. Pastikan anak-anak tidak membawa serta mainannya ketika akan mandi atau buang air. Sebab mereka memiliki peluang untuk memasukkan mainan miliknya ke dalam kloset. Jadi jangan biasakan membujuk anak untuk mandi dengan membawa mainan mereka ke dalam area kamar mandi.
  3. Selain anak-anak, anggota keluarga yang sudah dewasa pun perlu diingatkan untuk tidak membuang bekas pembalut ke dalam WC. Menyediakan tempat sampah di dalam kamar mandi bisa menjadi tindakan solutif mengatasai WC mampet. Kasus demikian biasanya sering terjadi di kamar mandi umum. Kendati sudah dihimbau dengan papan tulisan cukup besar sekalipun. Hal ini menunjukkan bahwa kesadaran diri terhadap lingkungan juga tak kalah pentingnya.
  4. Selain bekas pembalut, bekas tisu atau kapas juga jangan sampai masuk ke dalam WC. Biasanya usai buang air atau mencuci muka, orang malas membuang tisu pada tempatnya dan membuangnya dengan sembarangan kedalam lubang closet. Kendati benda tipis namun ketika terkena air, tisu tidak mudah terurai. Justru akan mengendap dan mengembang di dalam saluran pembuangan kloset. Akhirnya saluran akan tersumbat dan penyebab WC mampet.

Jika Anda telah berusaha untuk mengatasi WC yang mampet menggunakan cara mandiri namun tidak kunjung berhasil, kami sarankan untuk menghubungi jasa sedot WC terdekat.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!