Tips Membersihkan Noda Membandel Di Kamar Mandi Hanya Dengan Bahan Alami

Kamar mandi merupakan salah satu tempat yang setiap hari kita menggunakannya. Mulai dari bangun di pagi hari untuk buang air kecil hingga di malam hari juga kita masih tetap menggunakan kamar mandi misalnya saja untuk mandi dimalam hari, menggosok gigi sebelum tidul dan sebagainya. Benar kan kita tidak pernah melewatkan rutinitas untuk pergi ke kamar mandi.

Menjadi tempat yang sering digunakan, tidak heran jika kamar mandi menjadi fasilitas bagi pertumbuhan bakteri. Anggota keluarga silih berganti memasukinya setelah melakukan aktivitas di luar rumah. Belum lagi fungsi kamar mandi yaitu selain untuk membersihkan diri juga untuk Buang Air Besar BAB.

Jika tidak rajin membersihkan kamar mandi, selain menjadi sarang kuman, kamar mandi juga akan terlihat kototr dan tidak sedap dipandang. Berbagai masalah noda seperti lumut, jamur, karat dan sebagainya muncul bergantian. Paling sering dijumpai noda kerak yang menempel pada kloset dan juga lumut yang menempel di dinding bagian bawah kamar mandi.

Lantas, apa yang akan Anda lakukan untuk membersihkan noda membandel di kamar mandi? Pasti Anda  berpikiran untuk membeli serangkaian alat pembersih beserta bahan-bahan kimia lainnya. Padahal, masalah-masalah noda membandel di kamar mandi ini bisa Anda atasi mudah dengan bahan-bahan alami saja, lho.

Dengan cara ini Anda enggak perlu menghabiskan banyak uang untuk membeli bahan pembersih yang mengandung bahan kimia dan mahal.

Apa saja noda yang bisa Anda bersihkan menggunakan bahan alami dan murah ini? Yuk, langsung saja simak artikelnya berikut ini.

  1. Menghilangkan lumut dengan mudah menggunakan garam

Lumut akan cepat tumbuh di tempat – tempat yang bersuhu lembab, kamar mandi menjadi tempat yang sangat cocok untuk lumut bisa hidup dengan subur. Jika kamar mandi Anda memiliki ventilasi yang cukup maka hal ini tidak akan banyak menciptakan masalah. Akan berbeda jika di kamar mandi rumah Anda tidak memiliki ventilasi yang cukup ditambah tidak rajin melakukan perawatan.

Lumut akan sangat mudah tumbuh di tempat lembab seperti kamar mandi. Jika dibiarkan, lumut tersebut akan meninggalkan noda bekas, membuat bangunan rapuh, dan juga membuat licin. Jadi, selain tidak indah dipandang, kehadiran lumut di kamar mandi juga akan mengancam keselamatan.

Untuk membersihkannya, Anda tak perlu susah-susah membeli obat anti lumut. Tak perlu juga capek menggosoknya. Lumut di kamar mandi ternyata bisa dibasmi hanya menggunakan garam.

Caranya, yakni dengan memasukkan sekitar 3 sendok garam ke dalam 2 liter air. Setelah itu, rebus hingga larutan mendidih dan garam larut sempurna. Saat masih panas, siramkan larutan tersebut pada bagian kamar mandi yang berlumut. Setelah itu, sikat permukaan sampai bersih. Setelah dibilas, bisa mengulangi langkah yang sama sekali lagi untuk hasil yang lebih memuaskan.

  1. Hilangkan kerak membandel di kamar mandi dengan asam cuka

Satu lagi masalah noda membandel di kamar mandi yang kerap membuat orang pusing, yaitu noda akibat kerak yang mengendap. Kerak muncul karena kamar mandi jarang dibersihkan. Alhasil cairan bekas sabun atau noda jamur dan lumut akhirnya mengering dan menjadi kerak yang tidak sedap dipandang.

Cara menghilangkan noda kerak pada lantai kamar mandi, Anda tidak perlu membeli bahan pembersih khusus. Anda bisa memanfaatkan asam cuka untuk mengatasinya.

Caranya, campurkan larutan asam cuka dan air dengan perbandingan 1 banding 1. Setelah itu, siramkan larutan tersebut ke setiap sudut kamar mandi yang berkerak. Jika sudah disiram merata, gosok bagian yang berkerak hingga bersih.

Jika noda kerak masih bersisa dan sulit dihilangkan, Anda bisa coba menyiramnya dengan hanya menggunakan larutan asam cuka tanpa dicampur air. Gosok dengan sedikit lebih keras untuk mengangkat kerak yang ada di lantai kamar mandi.

  1. Menghilangkan noda karat mengganggu di keran air dengan lemon

Membersihkan noda membandel di kamar mandi selanjutnya adalah cara menghilangkan noda karat dengan lemon, keran atau pancuran air lazim ditemukan didalam kamar mandi. Bukan hanya dikamar mandi saja, tips menghilangkan noda karat ini juga bisa diterapkan di setiap benda yang berkarat contohnya saja pada kran wastafel, shower.

Untuk mengatasinya, Anda tidak perlu membeli keran yang baru atupun membeli bahan kimia penghilang karat. Cukup dengan bantuan air jeruk lemon, sudah bisa membuat keran bersih kembali. Kandungan asam yang tinggi pada lemon dipercaya ampuh atasi kerak. Jika ingin hasil yang maksimal, Anda bisa mencampurkannya dengan garam.

Menggunakan lemon yang sudah diiris, gosokkan buah tersebut ke permukaan benda yang berkarat. Setelah itu, gosok dengan sikat yang berbahan keras dan bilas hingga bersih.

Jika ingin menggunakan campuran garam, caranya adalah dengan mencampurkan air perasan lemon dengan garam. Setelah itu, oleskan merata pada bagian yang berkarat. Diamkan selama 2 hingga 3 jam lalu gosok dengan kain lap atau sikat berbahan keras.

  1. Membersihkan keramik kamar mandi dengan sitrun

Apa yang pertama kali Anda sentuh ketika masuk kedalam kamar mandi ? tentu saja lantai kamar mandi bukan ? Lantas apa yang Anda rasakan jika lantai kamar mandi Anda dipenuhi lumut dan noda membandel yang menganggu pemandangan? Lantai kamar mandi yang kotor juga menjadi tempat yang ideal untuk bakteri berkembang biak, tidak itu saja jika lantai dipenuhi lumut lantai kamar mandi akan licin dan bisa membayakan Anda serta angota keluarga bisa terpeleset.

Tak perlu membeli produk pembersih keramik yang mahal harganya, noda-noda yang menempel pada lantai keramik bisa diatasi hanya menggunakan sitrun. Bahan ini juga mudah ditemukan dan bisa dibeli di beberapa toko kue dan bahan makanan.

Setelah menyikat bagian lantai kamar mandi, kemudian basahi dengan air. Setelah itu, taburkan sitrun di bagian-bagian keramik yang bernoda. Biarkan selama lebih kurang 1 jam atau lebih untuk hasil yang maksimal.

Jika sudah, sikat bagian keramik yang sudah ditaburi sitrun dengan sikat kamar mandi. Kemudian, bilas bersih menggunakan air dan lantai keramik kamar mandi akan bersih mengkilap kembali.

  1. Membersihkan cermin di kamar mandi dengan air teh atau tembakau

Selain sebagai tempat untuk membersihkan diri mandi dan membuang kotoran, tak jarang kamar mandi juga dilengkapi dengan wastafel dan cermin. Diletakkan di lokasi yang lembab, kaca tersebut kerap menjadi cepat buram. Lama – kelamaan jika tidak dibersihkan, kaca juga bisa menumpuk noda kerak hingga ditumbuhi lumut dan jamur.

Untuk membersihkannya, Anda bisa mengatasinya menggunakan bahan-bahan yang alami saja. Dengan air teh atau tembakau, bisa membuat kaca di kamar mandi menjadi bersih kembali.

Caranya, campurkan seduhan dari ampas teh yang sudah tidak terpakai dengan air dan cuka. Dari sebanyak 200 ml air dan teh, Anda bisa menambahkan 40 ml cuka. Setelah tercampur, saring hingga mendapatkan cairan yang tanpa ampas.

Masukkan campuran air teh dan cuka tersebut ke dalam alat penyemprot. Setelah itu, semprotkan ke kaca dan usap dengan kain atau lap yang bersih.

Jika memiliki tembakau, bahan utama rokok tersebut juga bisa dimanfaatkan. Caranya adalah dengan merendam tembakau tersebut ke dalam air selama 30 menit. Dengan cara yang sama, saring hingga mendapatkan larutan yang tanpa ampas. Masukkan ke dalam alat penyemprot untuk diaplikasikan ke kaca.

  1. Membersihkan kloset dengan baking soda atau belimbing wuluh

Terakhir masalah noda di kamar mandi yang sering membuat penghuni rumah rishi. Ya, apalagi kalau bukan noda membandel yang membekas baik di permukaan kloset maupun pada saluran pembuangan.

Jika Anda mengalami hal seperti ini tenang saja, Anda bisa mengatasinya dengan mudah menggunakan bahan alami yang bisa Anda peroleh dengan mudah. Ada dua cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi noda di kloset. Pertama, yaitu menggunakan baking soda.

Untuk baking soda, Anda bisa mendapatkan hasil yang maksimal dengan mencampurnya bersama cuka. Setelah tercampur rata, sebarkan bahan tersebut ke seluruh permukaan kloset dan tunggu hingga semalam untuk dibilas.

Selain baking soda, Anda juga bisa menggunakan belimbing wuluh. Belimbing wuluh atau belimbing satur ini dikenal memiliki kandungan asam yang cukup tinggi. Kandungan tersebut dipercaya mampu membersihkan noda-noda membandel seperti yang kerap ditemukan di kloset kamar mandi.

Caranya adalah dengan menggosokkan belimbing wuluh yang sudah dipotong ke seluruh permukaan kloset yang tampak kuning. Setelah itu, biarkan hingga mengering. Jika sudah sikat dan bilas permukaan kloset menggunakan air bersih.

Itulah tips membersihkan noda membandel di kamar mandi menggunkan bahan alami yang mudah didaptkan tanpa harus membeli pembersih komersil yang ada di pasaran. Semoga dengan adanya artikel ini bisa membantu Anda dalam membersihkan noda membandel, lumut, kerak yang ada dikamar mandi rumah Anda.


0 Comments

Leave a Reply

Avatar placeholder

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!