Cara Memasang Kran Air Sendiri Dengan Mudah

Untuk memasang kran air  Anda tidak perlu memanggil tukang karena untuk mengganti kran air, pemasangan kran air baru bisa dikerjakan dengan sangat mudah. Penasaran bagaimana prosesnya ? simak penjelasan selengkapnya pada artikel ini.

Ada delapan langkah untuk memasang kran air dirumah dengan mudah dan cepat. Anda bisa melakukanya sendiri asalkan memahami setiap langkah – langkahnya di bawah ini.

  1. Matikan aliran pipa air terlebih dulu

Sebelum membuka kran air yang akan di ganti dengan kran air baru, sebaiknya matikan aliran air terlebih dulu. Aliran pipa air ini bisa Anda matikan dengan memutarnya searah jarum jam. Lakukan tahap ini secara perlahan hingga tidak ada lagi air yang keluar dari kran air.

  1. Buka kran air

Sekarang Anda bisa mencopot kran air yang ingin diganti. Anda hanya perlu memutar kran air untuk membukanya. Tetapi ada juga yang menggunakan baut. Lepaskan baut – baut terlebih dahulu agar proses membuka kran air berjalan lancar. Jika sudah membuka kran air maka bisa Anda lanjutkan ke langkah berikutnya.

  1. Bersihkan permukaan kran air terlebih dahulu

Terkadang ketika Anda mencopot kran air yang sudah lama terpasang pada pipa PVC, maka akan terlihat adanya kotoran disana. Kotoran itu sudah menumpuk sekian lama dan dapat mengganggu proses memasang kran air yang baru. Karena itu Anda harus terlebih dahulu membersihkan kotoran dan dempul yang ada.

Untuk membersihkannya, Anda hanya perlu menggunakan pisau dempul. Selain itu pastikan tidak ada jamur dan karat di permukaan tersebut.

  1. Pasang dempul baru

Selanjutnya pasangkan dempul baru jika memang kran air yang digunakan tidak beserta pelat dudukan dan dudukan karet. Pasangkan dempul di alur dudukan kran, lalu tekan dengan lembut agar mampu menahan alat tersebut.

  1. Pasang pelat dudukan dan kran air yang baru

Setelah memasang dempul secara sempurna, Anda memasang pelat dudukan dan kran air yang baru. Untungnya sekarang sudah banyak kran air dengan kemudahan dari sisi pemasangan. Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada sehingga kran air terpasang dengan sempurna.

  1. Pasang cincin penutup dan dudukan kran

Jika kran air Anda menggunakan baut, maka kencangkan setiap baut pada pelat dudukan dengan mur serta cincin penutup. Anda juga wajib mengencangkan kran di bagian tengah tersebut dengan mur dan cincin penutup. Jangan lupa untuk tetap memperhatikan petunjuk dari produsen kran tersebut.

  1. Bersihkan sisa pekerjaan Anda

Sekarang Anda telah selesai memasang kran air. Bersihkan sisa pekerjaan yang ada di permukaan kran. Contohnya sisa dempul dan beberapa kotoran lainnya. Kalau Anda melihat hubungan kran dan dudukan masih kurang kuat, gunakan dempul atau segel untuk memperkuatnya.

  1. Nyalakan pipa air

Sekarang Anda bisa melihat apakah kran air tersebut terpasang sempurna dengan menyalakan pipa yang ditutup sebelumnya. Coba nyalakan pipa kran air. Lalu ketika kran menyala, pastikan tidak ada kebocoran di sana. Jika masih ada kebocoran, coba matikan kran air.

Semoga dengan informasi di atas dapat bermanfaat untuk Anda dalam cara memasang kran air. Apakah Anda membutuhkan jasa sedot WC berkualitas ? Bima menawarkan jasa sedot WC berkualitas, harga murah dan bergaransi untuk Anda. Tak hanya sedot WC saja kami juga melayani jasa pembuatan septic tank ketika Anda memiliki rumah baru pasti memerlukan septic tank sebagai tempat penampung kotoran. Melancarkan saluran mampet ketika Anda mengalami saluran mampet pasti sangat merepotkan Anda bukan ?. Untuk itu hubungi kami untuk membantu mengatasi masalah Anda.


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!