Cara Menjernihkan Air Sumur Dijamin Ampuh!

Dalam kehidupan sehari – hari, air merupakan salah satu kebutuhan utama yang diperlukan oleh setiap orang untuk berbagai hal dan salah satu sumber penyuplai air dirumah tangga adalah sumur.

Namun dalam kenyataanya banyak yang terkendala dengan air sumur kotor seperti berwarna atau berbau sehingga dibutuhkan cara menjernihkan air sumur yang tepat.

Penyebab air sumur menjadi keruh bisa disebabkan oleh beberapa faktor, mulai dari faktor tanah dan kandungan besi yang terlalu tinggi hingga pipa saluran yang bocor.

Pada umumnya masalah ini membuat air sumur jadi berwarna kecoklatan atau kuning dan bahkan terlihat berminyak. Sebenarnya dalam kondisi tertentu, air ini masih aman untuk digunakan untuk beberapa keperluan seperti digunakan untuk mencuci, tapi kalau digunakan untuk dikonsumsi tentu saja tidak sehat dan tidak dianjurkan.

Nah, untuk memastikan bahwa air sumur dalam kondisi yang layak, penting juga untuk tahu kriteria sumur yang ideal dan sehat, misalnya saja :

  1. Memiliki kedalaman lebih dari 10m.
  2. Jarak sumur ke toilet atau MCK setidaknya 10m, sehingga tidak tercemar limbah pembuangan yang bisa saja merembes ke dalam sumur.
  3. Hindari menggali sumur di lahan bekas pembuangan sampah, karena meski sudah tidak ada sampah, namun bakteri dan kumannya tetap ada di lahan itu.
  4. Usahakan menggali sumur di tanah yang bercampur pasir karena jenis tanah ini secara alami bisa menjaga kejernihan air.
  5. Usahakan membuat sumur di lokasi yang memiliki tanaman berakar karena biasanya banyak mengandung air.
  6. Dan hindari membuat sumur di area bekas rawa.

Jika sumur sudah berada di lokasi yang ideal seperti di atas, namun airnya masih kuning, barulah Anda mencoba cara menjernihkan air sumur dibawah ini. Tujuannya tentu saja agar kualitas air jadi lebih baik dan layak konsumsi.

  1. Menggunakan zat kimia

Adanya kotoran dan bakteri yang menempel di pipa, bisa saja menjadi penyebab terjadinya air sumur kotor saat digunakan. Selain membersihkan pipanya, kita dapat juga melakukan pembersihan pada penampungan airnya.

Untuk menjernihkan serta menghilangkan bau tak sedap pada air sumur, menggunakan bahan kimia seperti Kaporit atau Sodium Hipoklorit yang bisa Anda dapatkan di toko kimia dapat menjadi cara yang dipilih. Namun penggunaannya tidak boleh berlebihan karena bisa menyebabkan terganggunya kesehatan jika digunakan berlebihan.

Biasanya takaran yang digunakan adalah 1 sendok makan untuk ukuran 1000 liter air. Semakin besar daya tampung, semakin banyak takaran kaporit atau sodium hipoklorit yang digunakan. Bisa juga dicampurkan dengan bahan alami seperti tawas yang sudah dihaluskan, sebagai contoh apabila lebih dari 1000 liter, Anda bisa menggunakan 1 sendok makan kaporit dan tambahan 3 sendok makan tawas. Untuk tetap menjaga kualitas air, pembersihan rutin terhadap pengendapan sebaiknya dilakukan.

  1. Jernihkan air sumur dengan menguras sumur

Selain beberapa penyebab yang disebutkan sebelumnya, air sumur yang keruh dan kotor juga bisa disebabkan oleh lumut yang ada di bagian dinding sumur.

Kurang lebih seperti halnya air kolam, yang jika ingin terlihat jernih maka salah satu caranya adalah dengan menguras terlebih dahulu air di dalamnya setelah itu baru membersihkan lumut serta kotoran yang ada dinding.

Untuk menjernihkan air sumur dengan menguras sumur ini, Anda bisa menghubungi jasa profesional.

  1. Menggunakan bahan alami

Selain bahan yang mengandung zat kimia, bahan alami sepenuhnya juga dapat menjadi pilihan Anda ketika ingin membersihkan air sumur yang kotor, Seperti misalnya menggunakan Tawas yang bisa cukup mudah Anda peroleh di toko bahan bangunan. Untuk cara penggunaannya, yakni dengan mengaluskan tawas terlebih dahulu, kemudian masukkan tawas ke dalam wadah yang berisi air dengan takaran 1 Kg awas untuk 1000 liter air lalu aduk hingga tawas tersebut larut.

Air tawas yang sudah selesai dibuat tersebut hanya tinggal dituangkan ke dalam sumur. Jika air sumur belum jernih, tambahkan lagi air tawas dengan jumlah setengahnya atau bahkan jumlah yang sama. Selain tawas, bahan alami yang bisa digunakan untuk menjernihkan sumur yang kotor adalah arang kelapa. Batok kelapa mengandung karbon aktif sehingga dapat mengikat kotoran dan cara ini seringkali dianggap cara yang ampuh untuk menjernihkan air.

Penggunaanya juga cukup mudah, yaitu dengan menyesuaikan jumlah arang kelapa dengan kedalaman sumur, sebaikya jangan terlalu banyak ataupun sedikit. Kemudian membungkus arang kelapa menggunakan kain, lalu masukan arang kelapa yang dibungkus kain tersebut ke dalam sumur.

  1. Menggunakan filter

Penggunaan filter air menurut cdc.org dapat menghilangkan proses biologis, zat kimia bahkan kotoran. Pemasangan filter air dapat dilkukan jika Anda menggunakan pompa air.

Terdapat dua cara dengan kelebihan dan kekurangan masing-masing caranya, yakni pertama dengan memasang filter air menuju tempat penampungan air, kekurangan dari cara ini yaitu pengambilan air oleh mesin dapat menjadi lebih lama. Cara kedua dengan memasang filter air dari bak penampungan, namun kekurangan cara ini adalah bisa saja  membuat bak penampungan menjadi lebih kotor dari sebelumnya.

Dan sebaiknya aktivitas menguras sumur ini dilakukan secara rutin, agar air didalamnya tetap jernih.

  1. Mengganti pipa

Tapi jika Anda memiliki cukup dana, sebaiknya ganti saja pipa yang menjadi sumber masalah.

Dan untuk menggantinya dengan yang baru, Anda tidak bisa bekerja sendiri, apalagi ini membutuhkan bantuan tukang ahli pipa.

Pastikan memilih tukang yang benar, sehingga bisa bekerja secara cepat dan tepat. Kalau tidak, biaya yang harus Anda keluarkan bisa jadi membengkak.

Meminta bantuan ahli adalah langkah yang kadang memang harus ditempuh, demi bisa mendapatkan sumber air yang layak.

Khususnya dalam memastikan kualitas air di rumah, Anda pun sebaiknya bawa sampelnya dan berikan pada ahli untuk diuji.

Idealnya air yang berkualitas baik, adalah yang memiliki pH (keasaman) netral dan tidak mengandung bahan kimia berbahaya maupun mengandung bakteri penyebab penyakit.

Semoga artikel mengenai cara menjernihkan air sumur ini dapat bermanfaat !


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

error: Content is protected !!